Portal Berita Tegal
Beranda Teknologi PBB Sebut Houthi Siap Putus Jaringan Kabel Internet Bawah Laut

PBB Sebut Houthi Siap Putus Jaringan Kabel Internet Bawah Laut

JAKARTA – Perusahaan telekomunikasi milik negara Yaman yang diakui Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) kemarin memperingatkan bahwa pemberontak Houthi akan menyabotase jaringan kabel Internet bawah air di Laut Merah.

Seperti dilansir Guardian pada Minggu (6/2/2024), kabel sangat penting untuk operasi internet Barat dan transmisi data keuangan.

Peringatan itu dikeluarkan setelah saluran aplikasi Telegram yang terkait dengan kelompok Houthi menerbitkan peta kabel fiber di bawah Laut Merah.

Di sebelah peta terdapat pesan ini: “Peta kabel serat optik dunia yang menghubungkan seluruh wilayah di dunia melalui laut.” Nampaknya Yaman berada pada letak yang strategis karena koneksi internet yang menghubungkan seluruh negara ke sana. perairan (Laut Merah).

Perusahaan-perusahaan telekomunikasi Yaman mengatakan mereka telah menghabiskan waktu bertahun-tahun melakukan lobi secara diplomatis dan legal untuk membujuk Persatuan Telekomunikasi Internasional agar berurusan dengan Houthi.

Menurutnya, operasi tersebut akan memberikan informasi kepada kelompok pemberontak dan pasukan lainnya tentang pengoperasian kabel bawah tanah.

Laut Merah diperkirakan bertanggung jawab atas 17 persen lalu lintas Internet dunia melalui jaringan pipa fiber.

Dalam sebuah pernyataan, perusahaan komunikasi publik Yaman mengutuk ancaman tentara Houthi yang menargetkan kabel bawah tanah internasional.

Jam tangan ini memiliki 16 kabel bawah tanah di area tersebut. Kabel tersebut setebal pipa selang karet dan tahan terhadap jangkar kapal dan gempa. Dia menyeberangi Laut Merah dan pergi ke Mesir.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan