Portal Berita Tegal
Beranda Kesehatan Peneliti FKUI: Janji Day Care, Makan Siang Gratis, 1 Desa 1 Faskes Merupakan Hak Rakyat

Peneliti FKUI: Janji Day Care, Makan Siang Gratis, 1 Desa 1 Faskes Merupakan Hak Rakyat

Detik Tegal, Jakarta – Presiden Health Collaboration Center (HCC), Ray Wagiu Basrowi menyatakan janji politik terkait kesehatan tiga pasang calon presiden dan wakil presiden pada pemilu 2024 merupakan hak asasi rakyat dan negara. . harus diisi.

Ray mengatakan, penyediaan penitipan anak, susu dan makan siang gratis, serta pendirian fasilitas kesehatan (faskes) di setiap kota di Indonesia, sebenarnya merupakan hak yang harus dinikmati seluruh rakyat Indonesia sesuai konstitusi negara. Ia menjelaskan, janji-janji tersebut harus dilihat sebagai komitmen pemulihan hak-hak kesehatan yang selama ini belum tercapai, bukan sekedar janji kampanye belaka.

Pria yang juga dosen Kedokteran Kerja Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) ini menggarisbawahi, program seperti Faskes 1 Desa 1 dan Nakes pasangan calon nomor urut 03, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, memiliki potensi besar untuk ditingkatkan. secara signifikan. keadaan kesehatan bangsa.

Program-program tersebut, menurut Ray, merupakan model pendekatan pengobatan komunitas yang terbukti efektif melalui berbagai bukti epidemiologi yang valid. Ia menggambarkan, akses yang baik terhadap fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan hingga tingkat masyarakat terkecil dapat mewujudkan negara yang lebih sehat dan sejahtera, serta menurunkan angka kematian ibu dan bayi yang masih tinggi di Indonesia.

“Di negara berkembang, akses terhadap fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan pada tingkat masyarakat terkecil dapat menciptakan negara yang sehat, sejahtera, menurunkan angka kematian atau kematian seperti masih tingginya angka kematian ibu dan bayi di Indonesia serta keberhasilan program imunisasi yang meningkatkan angka tersebut. . . ,” ujarnya seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima Health Detik Tegal pada Minggu 11 Februari 2024.

Selain itu, program susu dan makan siang gratis pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka juga dinilai relevan dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Ray menegaskan, intervensi gizi pada anak sekolah dapat mencegah kejadian gizi buruk yang masih tinggi.

“Jika tidak diintervensi secara masif maka akan menyebabkan bertambahnya populasi anak sekolah dasar yang nilai memori kerjanya rendah, dan mengganggu kinerja sekolah,” ujarnya.

Sementara itu, pengasuhan anak gratis yang diusung oleh pasangan calon nomor urut 01, Anies Baswedan dan Cak Imin, mampu meningkatkan keberhasilan pemberian ASI eksklusif, khususnya di kalangan pekerja dan pekerja perempuan.

Penggagas Komunitas Peduli Kesehatan Jiwa ini menyatakan, ketiga program ini mempunyai dampak yang signifikan terhadap kependudukan di berbagai komunitas, dan sekaligus harus bisa dilaksanakan oleh siapa pun yang terpilih, dengan mempertimbangkan ketersediaan APBN dan kapasitas. sistem kesehatan nasional.

“Ini merupakan momentum yang baik untuk memastikan hak kesehatan masyarakat Indonesia dapat terpenuhi,” tutupnya.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan