Portal Berita Tegal
Beranda Otomotif Penjualan Mobil Nasional Masih Satu Juta Unit, Ini Kata Gaikindo

Penjualan Mobil Nasional Masih Satu Juta Unit, Ini Kata Gaikindo

JAKARTA – Pasar mobil Indonesia berkembang pesat dengan banyaknya merek-merek baru yang memperkenalkan mobil dengan desain dan teknologi hebat. Hal ini tentu menarik minat konsumen yang mencari mobil untuk menunjang mobilitas sehari-hari.

Meski keseharian masyarakat Indonesia banyak yang menggunakan mobil, ternyata penjualan kendaraan roda empat di Tanah Air masih bertahan di kisaran satu juta unit per tahun selama satu dekade terakhir.

Kukuh Kumara selaku Sekretaris Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengatakan penjualan mobil nasional yang belum berhenti di angka satu juta unit menjadi salah satu tantangan industri otomotif Indonesia.

“Kami sendiri masih mendalami alasan mengapa penjualan mobil nasional masih di angka satu juta unit. Kami sedang mempelajarinya bersama LBM UI,” kata Kukuh dalam diskusi Forwot Proyeksi Pasar Otomotif 2024, di Jakarta, seperti dikutip Detik Tegal Otomotif.

Menurut dia, ada beberapa penyebab jebakan jutaan penjualan mobil nasional, termasuk mobil yang sangat mahal, seperti pertumbuhan ekonomi.

“Jadi konsumennya juga ada pergeseran. Sekarang didominasi generasi milenial ke generasi Z, artinya preferensi pasarnya akan berbeda,” ujarnya.

Kukuh menambahkan, di Indonesia sendiri mobil masih didominasi oleh MPV (Multi Purpose Vehicle), jika melihat minat generasi milenial akan berbeda.

“Dulu kalau saya aktif promosi hanya jendela elektrik, sekarang tentu saja gadget. Semua harus punya Google Maps dan sebagainya,” kata Koko.

Situasi ini diakui menjadi tantangan bagi para pelaku industri otomotif, dalam menentukan strategi untuk meningkatkan penjualan.

“Negara-negara tetangga makin agresif melindungi industri otomotif lokalnya. Tinggal mengundang investor baru, komponennya juga dipermudah,” jelasnya.

“Indonesia harus bertindak cepat dalam persaingan ini, seperti mendorong pertumbuhan kelas menengah di Indonesia dan pembangunan infrastruktur,” tutupnya. Mitsubishi Pajero Baru Tampak Mewah, Potensi Saingan Range Rover Rumor ini menyebutkan Pajero baru akan menggunakan platform PHEV yang sama dengan Outlander generasi berikutnya. Detik Tegal.co.id 14 Februari 2024

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan