Portal Berita Tegal
Beranda Edukasi Pentingnya Kesehatan Mental di Dunia Kuliah

Pentingnya Kesehatan Mental di Dunia Kuliah

Megamendung – Kesehatan mental juga menjadi topik penting untuk kita bahas. Dalam rangka Diesnya yang ke 10, Universitas MH Thamrin (UMHT) mengajak generasi muda dan mahasiswa untuk meningkatkan kesadaran akan kesehatan mental, khususnya jika mereka masih duduk di bangku kuliah.

Rektor Universitas MH Thamrin, Bapak Dr. Daeng Mohammad Faqih SH, MH mengatakan, menjelang HUT kali ini, pihaknya ingin menjalin kerja sama dengan kelompok (UMHT) termasuk di Dinas Kesehatan RS MH Thamrin Cileungsi (anggota RS Radjak).

“Dalam proyek Dies Natalis ini, kami ingin bekerjasama dengan seluruh lini kelompok UMHT, khususnya di bidang kesehatan, rumah sakit. Kami memutuskan untuk bekerja sama dengan RS MH Thamrin, salah satu anggota Radjak Hospital Group untuk memberikan semangat kepada generasi muda. Untuk menjaga kesehatan mentalnya, terutama saat menempuh pendidikan,” ujarnya pada Seminar Kesehatan Jiwa World University, Selasa, 11 Juli 2023, di Ngopi Lumbung Padi, Megamendung, Puncak.

Menurut Dr. Daeng, isu kesehatan mental di kalangan milenial memang menjadi isu penting dan hangat diperbincangkan.

“Kami melihat adanya permasalahan yang terjadi di kalangan generasi milenial, salah satunya adalah kesehatan mental, sehingga kami akan mendorong generasi muda untuk mengenali tanda-tanda kesehatan mental dan belajar bagaimana cara menghindarinya,” kata Dr. Merah.

Dalam pertemuan ini, Dr. Pangeran Erickson Arthur Siahaan, Sp.Kj adalah dokter spesialis jiwa di RS MH Thamrin Cileungsi. Beliau juga menjelaskan cara dan tips menghindari stres emosional saat memasuki atau menghadapi dunia perguruan tinggi.

“Kita generasi milenial, mereka mengharapkan mahasiswa, para mahasiswa ini harus bisa mengenal diri mereka sendiri dan apa kemampuannya. Lakukan apa saja yang kita pikir bisa kita lakukan untuk menjadi lebih baik, temui orang-orang yang bisa berbuat lebih baik,” jelasnya.

Menurutnya, teknologi mempunyai pengaruh terhadap kesehatan mental.

Sebagai tambahan informasi, Universitas MH Thamrin akan segera menawarkan jurusan kedokteran, namun masih menunggu peraturan pemerintah. Ini Dr. Merah.

“Sebenarnya mulai tahun 2019 kita sudah siap membangun sekolah kedokteran, gedungnya sudah ada di Salemba, peralatannya sudah ada, tenaga kesehatannya sudah siap, tapi kita tetap mengikuti aturan pemerintah. Beliau akan memberikan kesempatan kepada kita untuk membuka departemen kedokteran ini,” kata dr Daeng.

Menurutnya, Departemen Kedokteran Universitas MH Thamrin akan membantu pembinaan anak-anak etnis di daerah yang termasuk dalam kategori 3T (tertata, perbatasan, dan luar).

Dikatakannya, “Saat ini pemerintah sedang kesulitan dalam menyediakan tenaga kesehatan masyarakat khususnya dokter, karena itu kami ingin anak-anak suku 3T bisa bersekolah agar bisa membantu daerahnya.

Sebagai informasi, konferensi kesehatan ini merupakan kerja sama dengan proyek Confide Dong Dok, yaitu wadah bagi masyarakat untuk menerima nasihat kesehatan mental dari pakar kesehatan mental dan psikolog di Rumah Sakit Lattana Suk.

Masyarakat dapat menanyakan permasalahan kesehatan jiwa melalui media sosial Instagram @RadjakHospital atau langsung ke tim kesehatan jiwa cabang RS Radjak. Wisuda 573 Mahasiswa Universitas Pertahanan, Menhan Prabowo: Indonesia Harus Ikuti Penguasaan STEM Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto hadiri wisuda 573 mahasiswa sarjana (S1), magister (S2), dan doktor (S3) di Universitas Pertahanan. (Unhan) di Bogor. Detik Tegal.co.id 12 Februari 2024

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan