Portal Berita Tegal
Beranda Kesehatan Penyebab Gangguan Ginjal Akut Misterius Bisa Mematikan: Ada Kristal Kecil Tajam di Dalam Ginjal

Penyebab Gangguan Ginjal Akut Misterius Bisa Mematikan: Ada Kristal Kecil Tajam di Dalam Ginjal

Detik Tegal – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadiqin menjelaskan mengapa angka kematian akibat gagal ginjal akut misterius pada anak mencapai 50 persen.

Ia mengungkapkan, ginjal bayi dan anak kecil rusak akibat sirup yang terkontaminasi etilen glikol, dietilen glikol, dan glikol eter. Kontaminasi 3 bahan kimia ini berasal dari pelarut dalam obat-obatan seperti polietilen glikol atau polietilen glikol di bawah standar dan terkontaminasi melebihi batas.

“Ibarat kristal kecil yang tajam di ginjal anak kita, jadi pecah,” kata Menteri Kesehatan Budi saat jumpa pers di Kementerian Kesehatan di Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (21/10/2022). Deskripsi Obat Sirup (Komponen Doc. Envato)

Menurut Menteri Kesehatan Budi, kristal kecil dan tajam tersebut disebabkan oleh reaksi tubuh terhadap konsumsi bahan kimia berbahaya seperti etilen glikol, dietilen glikol, dan glikol eter.

“Ketika senyawa kimia (polusi) tersebut masuk ke dalam tubuh kita, maka tubuh akan memetabolismenya dan mengubah senyawa tersebut menjadi kristal kalsium oksalat,” jelasnya.

Kristal kalsium oksalat adalah jenis batu ginjal yang paling umum dan disebabkan oleh pengikatan oksalat dengan kalsium di dalam batu.

Menurut Menkes Budi, Gambia mencari kristal tajam tersebut sesuai dengan temuan Badan Kesehatan Dunia atau WHO pada kasus gagal ginjal akut di Afrika yang membuat puluhan ribu anak sakit dan meninggal. , setelah mengonsumsi 4 merek obat batuk buatan India.

“11 anak di RSCM memiliki senyawa kimia yang menurut WHO terdapat kristal di ginjalnya,” lanjutnya.

Bahkan, temuan tersebut juga diperkuat dengan hasil biopsi dari RSCM Jakarta (Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo) pada 11 pasien anak gagal ginjal kronik, dan hasilnya ditemukan batu ginjal serupa.

“Kemudian pada pasien dikonfirmasi biopsi RSCM dengan senyawa ini karena adanya kalsium oksalat. Tujuh dari 11 pasien memiliki senyawa ini yang terbukti merusak ginjal jika masuk ke dalam tubuh,” tutupnya. Menteri. Bubuk kesehatan.

Anak Minum Sirup Campuran Etilen Glikol, Apa yang Harus Dilakukan Orang Tua?

Kementerian Kesehatan telah melarang peredaran dan penjualan sirup obat yang mengandung etilen glikol, yang diduga menyebabkan masalah ginjal akut misterius pada anak-anak. Namun jika sudah meminum obat, apa yang harus dilakukan orang tua?

Menanggapi pertanyaan tersebut, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadiqin mengatakan, jika Anda meminum sirup yang terkontaminasi, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Langsung ke dokter. Yang paling mudah saya sampaikan kepada masyarakat adalah dengan pergi ke dokter terdekat, jelasnya dalam konferensi pers online, Jumat (21/10/2022).

Menteri Kesehatan Budi Gunadi mengatakan dokter akan memberikan rekomendasi diagnosis dan pengobatan lebih lanjut jika diperlukan. Karena situasi setiap anak berbeda-beda.

Ia mencontohkan, jika seorang anak sakit dan sembuh, tentu tetap perlu minum obat.

“Keputusan ada di dokter. Jadi, misalnya anak Anda sakit dan bingung mau minum obat apa, tanyakan ke dokter,” imbuhnya.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan