Portal Berita Tegal
Beranda Olahraga Pesan Pj Gubernur Sumut Usai Aquabike Sukses Digelar di Danau Toba

Pesan Pj Gubernur Sumut Usai Aquabike Sukses Digelar di Danau Toba

Danau Toba: Kejuaraan Dunia Jetski 2023 sukses digelar di Danau Toba. Selama tiga hari pelaksanaan yaitu tanggal 22 hingga 24 November 2024, perkembangan acara cukup memuaskan dan terlihat baik.

Pj Gubernur Sumut Hasanuddin mengatakan jumlah pengunjung diperkirakan mencapai 100.000 orang. Selain itu, tingkat okupansi hotel pada saat pelaksanaan juga rata-rata penuh.

Seperti halnya di Kabupaten Toba, tarif hotel dan akomodasinya penuh. Namun Hasanuddin menegaskan, selain jumlah pengunjung, partisipasi masyarakat yang tinggi juga menjadi fokus tujuan Pemprov Sumut.

“Kami panitia daerah, bukan hanya pengunjungnya yang banyak, tapi yang tak kalah pentingnya adalah bagaimana kita bisa melibatkan masyarakat kita dalam kegiatan ini, ini merupakan kolaborasi budaya,” kata Hasanuddin saat jumpa pers Kejuaraan Dunia Aquabike Jetski di Aquabike. Konferensi pers Kejuaraan Dunia Jetski. Aquabike Media Center, Palig, Sabtu 25 November 2023.

Menurut Hasanuddin, ajang Aquabike merupakan kesempatan bagi Danau Toba untuk memperkenalkan budaya, kuliner, dan MIPImes kepada pengunjung.

“Acara ini menjadi kesempatan kita untuk menampilkan potensi Sumut, dan kita berharap kedepannya akan ada tambahan penerbangan (ke Selangit),” ujarnya.

Hasanuddin memperkirakan Danau Toba menjadi tuan rumah event internasional seperti F1 Powerboat dan Aquabike. Menurutnya, acara ini membuka pintu peningkatan kegiatan ekonomi kreatif.

Selain itu, Hasanuddin juga menyampaikan bahwa kerja sama antara Pemprov Sumut dan pemerintah kabupaten selama pelaksanaannya menjadi modal dasar untuk melakukan kegiatan serupa di masa mendatang.

“Kami yakin ini adalah pengalaman pertama kami, yang akan menjadi dasar yang cukup untuk menyukseskan acara berikutnya,” ujarnya.

Hasanuddin juga mengatakan, memajukan Danau Toba merupakan tanggung jawab semua pihak. “Jangan lupa Danau Toba adalah milik kita bersama. Kalau berwisata ke Sumut, kalau belum ke Sumut, tidak akan ke Indonesia, dan tidak akan ke Sumut kalau belum ke Sumut. Sumatera,” ujarnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan asosiasi olahraga air H2O juga menempatkan Danau Toba sebagai fasilitas ski air dan wakeboarding terbaik di dunia. Selain itu, mengadakan event Aquabike juga disebut-sebut sebagai yang terbaik.

“Seri Aquabike (Seri Danau Toba) ini unik, selain akan ada 8 (penghargaan) Champion yang akan diberikan, juga akan mendampingi Danau Toba sebagai fasilitas terbaik di dunia,” kata Sandiaga.

Pendiri H2O Racing, Niccolò di San Germano, juga mengakui Danau Toba sebagai salah satu tempat terbaik di dunia. Menurutnya Danau Toba menarik dan unik. Ia juga mengatakan Danau Toba bisa menjadi tempat latihan Aquabike dan F1 Powerboat.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Minpura) Dito Ariutjo berharap Kejuaraan Aquabike menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk mengembangkan atlet jet ski nasional. Menurutnya, kegiatan ini membuka peluang bagi atlet nasional Indonesia untuk meningkatkan kemampuannya di tingkat nasional.

“Dampak dari Aquabike adalah bangkitnya industri olahraga air khususnya wakeboarding, serta berkembangnya atlet-atlet masa depan,” kata Ditto.

Konferensi pers tersebut juga dihadiri Bupati Toba Bultak Citoros, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut Elias Citoros serta perwakilan organisasi kemanusiaan lainnya yang terafiliasi dengan Pemprov Sumut. Pengendalian Inflasi, Daya Saing Digital Sumut Naik Peringkat Pengendalian Inflasi, Daya Saing Digital Sumut Naik Peringkat Detik Tegal.co.id 4 Februari 2024

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan