Portal Berita Tegal
Beranda Edukasi Praja IPDN Akan Fokus pada Aspek Penyelenggaraan Pemerintahan Desa di Purwakarta

Praja IPDN Akan Fokus pada Aspek Penyelenggaraan Pemerintahan Desa di Purwakarta

PURVAKARTA – Kabupaten Purvakarta menjadi tuan rumah pelaksanaan Bhakti Karia Praja (BKP) Unit Praja Utama Institut Ilmu Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) angkatan 2023. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Tri Dharma Perguruan Tinggi Reguler. Dikonfigurasi sebagai IPDN.

Program BKP ini akan berlangsung selama 14 hari mulai tanggal 5 hingga 18 September 2023 dan mencakup 138 desa di 13 kecamatan di Kabupaten Purwakarta. Presiden IPDN, Profesor dr. dokter. H. Hadi Prabovo, MM mengatakan, program ini akan diikuti sekitar 1.090 orang. Siswa laki-laki sebanyak 727 orang dan perempuan sebanyak 363 orang. Gulir terus. Ya?

Tema besar yang diangkat dalam kegiatan BKP tahun ini adalah membangun database desa melalui WEBDESAKU untuk mempercepat pembangunan desa di wilayah Purwakarta. Menurut Hadi, topik ini akan dikembangkan lebih lanjut sesuai dengan program pembelajaran masing-masing plaza.

“Kegiatan ini tidak hanya sekedar bentuk pengabdian kepada masyarakat, namun juga sebagai media pelatihan di alun-alun melalui pembelajaran langsung di lapangan, dimana alun-alun dirancang untuk mendukung berbagai aspek penyelenggaraan pemerintahan desa, mulai dari perencanaan, pembangunan, kemasyarakatan. interaksi dan pengelolaan desa Menggali dan menganalisis potensi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), ujarnya dalam keterangan tertulis.

Hadi juga berharap alun-alun ini mampu memantapkan ilmu yang diperoleh di kampus dengan memberdayakan masyarakat lokal dan mendukung perangkat desa dalam menggali potensi desa.

Anne Ratna Mustika, Bupati Kabupaten Purvakarta menyambut baik keputusan tersebut dan berharap kegiatan ini dapat mempercepat pembangunan Kabupaten Purvakarta.

“Kami berharap dengan adanya doa-doa ini dapat mendorong penggunaan WEBDESAKU dan memperbarui data yang ada di platform sehingga menjadi sumber informasi yang akurat dan terkini,” kata Ann Ratna.

Menurut Bupati, Pemkot merupakan pelaksana pemerintahan yang paling dekat dengan masyarakat.

“Kami berharap kegiatan ini menjadi transfer ilmu antara PNS dan perangkat desa,” pungkas Anne Ratna. Kombes Taufik mengimbau masyarakat menggunakan hak pilihnya pada pemilu 2024. Kombes Polda Riau Kombes Pol Taufiq Lukman Nurhidayat juga mengimbau masyarakat menjaga situasi keselamatan dan keamanan jelang pemilu 2024. Detik Tegal.co.id 9 Februari 2024

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan