Portal Berita Tegal
Beranda Sains Salah Satu Negara Terbesar di Dunia Diprediksi Terbelah Dua, Ini Buktinya

Salah Satu Negara Terbesar di Dunia Diprediksi Terbelah Dua, Ini Buktinya

LONDON – Sebuah tim ahli geofisika menerbitkan penelitian baru yang menunjukkan bahwa salah satu negara terbesar di dunia telah terpecah menjadi dua. Teori ini pertama kali terungkap pada pertemuan American Geophysical Union yang diadakan pada Desember 2023.

Penelitian bertajuk Robeknya lempeng dan delaminasi mantel litosfer India selama subduksi lempeng datar di tenggara Tibet, menyelidiki pembentukan pegunungan Himalaya.

Himalaya adalah pegunungan yang membentang di lima negara: India, Pakistan, Nepal, Cina, dan Bhutan.Menurut Masyarakat Geologi, Himalaya dan Dataran Tinggi Tibet terbentuk ketika planet India bertabrakan. Dan lempeng Eurasia. Lempengan tersebut dimulai 50 juta tahun yang lalu dan berlanjut hingga hari ini.

Penelitian ini dipimpin oleh Lin Liu, Danian Shi, Simon L Klemperer dan lainnya. – Ini dimulai dengan memeriksa kadar helium di mata air Tibet dan menyajikan teori baru tentang lempeng di bawah gunung.

Studi tersebut menemukan tingkat helium yang lebih tinggi di Tibet selatan dibandingkan dengan Tibet utara, yang menunjukkan bahwa lempeng tektonik India terbelah dua di bawah Dataran Tinggi Tibet.

Selanjutnya, versi India dianalisis menggunakan ‘fungsi penerimaan gelombang S 3D’.

Teknologi pengoperasian penerima bekerja dengan menggunakan informasi dari gempa teleseismik untuk menggambarkan bentuk dan batas internal Bumi.

Rincian penelitian yang dipublikasikan di ESS Open Archive: “Pekerjaan penerima gelombang S 3D kami baru-baru ini mengungkapkan robekan vertikal Orogon, atau lengkungan, di lempeng India.”

Salah satu gambar tampak menunjukkan bukti lempeng atas dan bawah lempeng India tampak saling bersentuhan.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan