Portal Berita Tegal
Beranda Kesehatan Sebagian Orang Takut Makan Telur, Betulkah Kolesterolnya Tinggi?

Sebagian Orang Takut Makan Telur, Betulkah Kolesterolnya Tinggi?

Detik Tegal, JAKARTA – Selama bertahun-tahun, terjadi perdebatan apakah telur menyehatkan jantung atau tidak. Ada rekomendasi dari banyak otoritas kesehatan dan ahli untuk membatasi konsumsi telur karena dianggap dapat meningkatkan kolesterol.

Penyakit kardiovaskular merupakan masalah utama di seluruh dunia, dengan penyakit kardiovaskular yang membunuh sekitar 20 juta orang setiap tahunnya. Penyebab utamanya adalah zat lemak yang menumpuk di arteri sehingga menyumbat atau menghambat aliran darah.

Seiring waktu, dinding pembuluh darah bisa menebal dengan endapan ini dalam proses yang disebut aterosklerosis. Ada beberapa faktor yang berkontribusi terhadap prevalensi penyakit jantung, antara lain merokok, minum minuman beralkohol, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi.

Oleh karena itu, sebagian orang masih “takut” mengonsumsi telur karena risiko penumpukan kolesterol. Namun hal tersebut dibantah oleh ahli jantung Jack Wolfson yang mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir mengonsumsi telur.

Dalam video TikTok berjudul “Hal yang Tidak Dapat Saya Lakukan sebagai Ahli Patologi,” Wolfson membagikan informasi terkait telur kepada lebih dari 460.000 pengikutnya. Hal pertama yang tidak akan dilakukannya sebagai seorang ahli jantung adalah meminta masyarakat untuk menghindari makan telur.

“Kesalahan yang sangat, sangat besar. Telur adalah “serangga” bagi anak anjing, dan seperti multivitamin, telur sangat menyehatkan. Jangan khawatir dengan kolesterol yang ada di dalam telur,” kata Wolfson, seperti dikutip laman Express, Kamis (1/2/2024).

Saran Wolfson didukung oleh ahli gizi British Heart Foundation, Victoria Taylor. Ia menemukan bahwa memang benar bahwa di masa lalu ada kepercayaan bahwa orang harus membatasi telurnya menjadi tiga hingga empat kali seminggu karena telur mengandung kolesterol. .

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan