Portal Berita Tegal
Beranda Kesehatan Seleb TikTok Populerkan Tren Nyeker, Benarkah Menyehatkan?

Seleb TikTok Populerkan Tren Nyeker, Benarkah Menyehatkan?

Detik Tegal, JAKARTA – Jalan kaki tanpa alas kaki atau memakai sepatu kini menjadi tren yang ramai diperbincangkan di TikTok. Sejumlah kreator dan selebriti TikTok menyebut praktik ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Sebenarnya tren Nyeker sudah lama digemari para selebritis. Aktor Jacob Elordi, musisi Mike Sabath dan penyanyi Coldplay Chris Martin menerapkan tren ini pada tahun 2023.

Kini tren lari tanpa alas kaki kembali muncul setelah banyak YouTuber yang mempopulerkannya di TikTok. Yang mempopulerkan tren Nyeker adalah George Woodville atau The Barefoot Guy, serta influencer Christi Fritz dan suaminya.

Fritz dan suaminya juga membuat konten yang memperlihatkan mereka melepas berbagai sepatu mahal. Hal ini memungkinkan mereka berjalan tanpa alas kaki, namun tampak mengenakan sepatu. Faktanya, seluruh sepatu yang alasnya dipotong oleh Fritz dan suaminya itu bernilai lebih dari $20.000 atau sekitar Rp 314,6 juta.

“Beberapa perusahaan tidak mau bertelanjang kaki sepenuhnya, jadi kami melepas sol sepatu agar bisa dipegang dengan kuat, tapi sepertinya yang lain juga,” jelas Fritz, seperti dilansir Metro, Sabtu (2/3/2024). ). ).

Menurut Alex Huntly, fisioterapis senior di Nuffield Health, berjalan tanpa alas kaki ternyata bisa memberikan manfaat. Namun keunggulan tersebut hanya bisa didapat jika berjalan menaiki tangga dilakukan di permukaan yang aman.

Manfaat berjalan tanpa alas kaki antara lain meningkatkan aliran darah ke area kaki. Selain itu, kebiasaan ini juga dapat membantu menopang tulang dan otot.

Namun, berjalan tanpa alas kaki juga mempunyai beberapa risiko. Beberapa risiko tersebut antara lain kaki tergores dan terluka oleh sesuatu, serta bakteri lebih mudah menembus kulit kaki dan kuku. Infeksi jamur juga lebih sering terjadi pada orang yang terbiasa berjalan tanpa alas kaki.

Selain itu, berjalan tanpa alas kaki dapat menyebabkan kulit kaki pecah-pecah dan berubah warna. Selain itu, kaki Anda mengeluarkan bau tidak sedap saat Anda berjalan tanpa alas kaki.

Manfaat Nyeker menurut Ahki bisa dilihat di halaman selanjutnya….

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan