Portal Berita Tegal
Beranda Edukasi Siswa SMAN 1 Taruna Madani Pasuruan Demo Sekolah Karena Dugaan Korupsi dan Pelayanan Buruk

Siswa SMAN 1 Taruna Madani Pasuruan Demo Sekolah Karena Dugaan Korupsi dan Pelayanan Buruk

Pasuruan – Taruna dan siswa reguler SMA Negeri 1 atau SMAN 1 Taruna Madani Jawa Timur tampil. Mereka tampil di sekolah di Jalan Bader Nomor 3, Desa Kalirejo, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, Senin, 30 Oktober 2023.

Ratusan mahasiswa universitas penting Tanah Air itu berdemonstrasi dengan memegang berbagai poster kritik dan tuntutan. Mereka memprotes dugaan korupsi dan buruknya fasilitas yang diberikan sekolah kepada siswa.

Salah satu posternya berbunyi: ‘4 makanan enak, 1 serangga’. ‘Betapa mencoloknya korupsi’. ‘Membayar tempat elit itu sulit’. ‘Bosku sama dengan mantanku, mereka sama-sama menyakitiku’.

Salah satu mahasiswa peserta aksi yang enggan disebutkan namanya mengatakan, banyak tuntutan yang disampaikan Bupati. Pertama, adanya kekhawatiran terhadap dugaan korupsi, kualitas air yang buruk, toilet yang tidak ada airnya, restoran yang dianggap berkualitas buruk dan tidak berasa.

“Makanan siswanya kurang, kurang bersih, airnya keruh, wastafelnya tidak keluar airnya. Ada juga masalah ketidakjujuran,” ujarnya.

Para siswa juga mengeluhkan pasokan listrik di SMA 1 Taruna Madani yang terputus. Selain itu, mereka memprotes sikap pihak sekolah yang terkesan tidak mendorong pembelajaran dari luar.

“Banyak kegiatan yang tidak didukung, jadi pakai anggaran sendiri. Kelebihan listrik saya dari awal sampai akhir tidak dibayar sama sekali oleh pihak sekolah,” kata siswa lainnya.

Siswa juga diingatkan bahwa ketika membayar biaya masuk kembali ke sekolah ada tambahan biaya sekolah. Namun, kenyataannya mereka tidak didukung selama kompetisi. Dari sinilah mereka memutuskan sekolah tersebut diduga korupsi.

“Banyak anak-anak futsal yang tidak mempunyai tempat bermain futsal di luar kota. Mereka tidak memanfaatkan sekolah,” ujarnya.

Saat ini, tim di lapangan sedang mencoba menanyakan detailnya kepada pihak sekolah. Namun, hingga berita ini ditulis, pihak sekolah belum memberikan komentar.

Baca presentasi pendidikan lainnya di tautan ini. Guru fokus pada PMM untuk meningkatkan hasil pembelajaran. Pembelajaran berkelanjutan terhadap guru dan pemantauan pembelajaran siswa merupakan kunci reformasi pendidikan di Indonesia. Detik Tegal.co.id 14 Februari 2024

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan