Portal Berita Tegal
Beranda Sains Spesifikasi Kapal Gamsunoro Indonesia, Aman Melintas di Laut Merah yang Mencekam

Spesifikasi Kapal Gamsunoro Indonesia, Aman Melintas di Laut Merah yang Mencekam

JAKARTA – Kapal Indonesia Gamsunoro mencuri perhatian saat berhasil mengarungi badai Laut Merah. Tak sendirian, mereka termasuk di antara kapal-kapal yang berhasil melintasi Free Spirit dari Kepulauan Marshall.

Menyikapi kondisi hangat di Laut Merah, kapal-kapal yang melintas biasanya berbalik arah dan mengambil rute berbeda. Namun, berbeda halnya dengan dua tank Aframax yang berhasil melewati selat Bab al-Mandab.

Kedua kapal tanker tersebut adalah Gamsunoro berbendera Indonesia dan Free Spirit berbendera Kepulauan Marshall, lapor Reuters, Rabu (31/1/2024).

Berdasarkan data, keduanya membawa bahan bakar berat dan terakhir singgah di kota Fujairah, Uni Emirat Arab. Lalu bagaimana spesifikasi kapal Gamsunoro Indonesia saat ini? Simak ulasan berikut ini.

Spesifikasi Kapal Gamsunoro Indonesia

Gamsunoro adalah kapal tanker minyak mentah yang berlayar di bawah bendera Indonesia. Kapal ini diluncurkan pada tahun 2014.

Mengutip situs Pertamina, Gamsunoro memiliki bobot mati sebesar 105.000 DWT. Keberadaannya merupakan salah satu dari 9 kapal tanker ukuran Aframax milik Pertamina.

Beberapa pendahulunya antara lain Gebang, Geudondong, Gunung Kemala, Ged, Galungung, Gamalama, Gamkonora dan Gunung Geulis.

Dengan penerapannya, Gamsunoro diharapkan dapat menjadi jawaban dalam memenuhi kebutuhan transportasi minyak mentah Indonesia. Perahu ini memiliki DNA Sumitomo atau pasar ganda desain Aframax tipe baru.

Kapasitasnya sama dengan Aframax, namun dimensinya lebih kecil. Hal ini dikatakan membuatnya lebih fleksibel dalam pengoperasian dan menurunkan biaya pengoperasian.

Setelah melalui proses desain yang panjang, Gamsunoro telah diklasifikasikan oleh Lloyds’s Register of Shipping (LRS) dan memenuhi persyaratan internasional. Selama beroperasi, kapal ini akan dapat melakukan operasi seperti pengangkutan minyak mentah di armada internasional.

Baru-baru ini, kapal Gamsunoro menarik perhatian setelah melintasi Laut Merah dengan selamat. Faktanya, kondisi di jalur air ini akhir-akhir ini memanas pasca serangan yang dilakukan kelompok militan Houthi dari Yaman.

Kemungkinan Gamsunoro berhasil kabur karena sebelumnya sempat menunjuk pelabuhan Laut Merah Arab Saudi pada sepekan terakhir.

Demikian ulasan mengenai ciri-ciri kapal Indonesia Gamsunoro yang berhasil melintasi Laut Merah.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan