Portal Berita Tegal
Beranda Kesehatan Stok Vaksin Covid-19 Terbatas, Bagaimana Caranya Dapat Vaksin Booster Jika Ingin ke Luar Negeri?

Stok Vaksin Covid-19 Terbatas, Bagaimana Caranya Dapat Vaksin Booster Jika Ingin ke Luar Negeri?

Detik Tegal – Karena terbatasnya ketersediaan vaksin Covid-19, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mulai membatasi pasokan booster. Prioritas vaksinasi saat ini adalah pelaku perjalanan dalam negeri atau PPDN dan pelaku perjalanan internasional atau PPLN.

Plt Direktur Imunisasi Kementerian Kesehatan Prima Josefina mengatakan, pemudik sebaiknya menghubungi fasilitas kesehatan pelabuhan atau titik-titik di stasiun, bandara, atau terminal untuk menerima vaksinasi. Petugas kesehatan menerima vaksin dosis kedua pada Selasa (8 Februari 2022) di Gelanggang Remaja Pulogadung, Jakarta Timur. [Detik Tegal/ Alfian Vinanto]

“Pasokan vaksin kita sangat sedikit. Makanya kami pastikan ketersediaannya, khususnya bagi para pemudik, dan itu menjadi prioritas saat ini,” kata Prima kepada Detik Tegal di Jakarta beberapa waktu lalu.

Wisatawan datang ke PAC untuk mendapatkan vaksinasi agar dapat memenuhi persyaratan suntikan booster sebelum bepergian, kata Prima.

Aturan ini sama dengan vaksin meningitis yang harus diterima jemaah umrah sebelum terbang ke Arab Saudi.

“Jadi, bisakah kamu menentukan jadwal penerbangan yang ingin kamu lakukan? Kapan Anda ingin mendapatkan vaksin Covid-19? Kapan mendapat vaksin meningitis karena tidak bisa diberikan bersamaan sehingga harus diberi jarak. Makanya vaksinasi dilakukan di PC,” jelas Prima.

Ia juga mengatakan, meski pasokan vaksin terbatas, namun pasokan vaksin Covid-19 diperkirakan akan kembali normal pada November 2022.

“Kami menantikan pengiriman dan pembelian di dalam negeri di masa depan, dan mudah-mudahan semuanya akan kembali normal pada bulan November,” katanya.

Sementara itu, Prima mengatakan stok vaksin Covid-19 di Indonesia saat ini berjumlah sekitar 1 juta dosis yang seluruhnya telah dikirim ke daerah sehingga pemerintah pusat tidak memiliki stok.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan