Portal Berita Tegal
Beranda Sains Suara Ikan Paus Diyakini Sebagai Pintu Masuk Bahasa Alien

Suara Ikan Paus Diyakini Sebagai Pintu Masuk Bahasa Alien

Jakarta – Paus seringkali memiliki suara unik yang menarik untuk dipelajari. Saking uniknya, suara mamalia terbesar di muka bumi ini diklaim bisa menjadi titik awal pembelajaran bahasa asing.

Laporan Majalah Discover, Selasa 28 November 2023 Para ilmuwan meyakini suara paus menjadi pintu masuk komunikasi dengan makhluk luar angkasa di luar angkasa, khususnya alien.

Selain itu, para ilmuwan dari Cetacean Translation Initiative (CETI) di Republik Dominika bahkan menjadikan paus sebagai objek penelitian utama. Mereka melihat paus memiliki budaya dan kecerdasan yang mirip dengan manusia dibandingkan hewan lainnya.

“Paus sangat menarik untuk menemukan makna komunikasi yang tidak dihasilkan oleh manusia,” jelas pendiri CETI David Gruber.

Laurence Doyle dari Search for Extraterrestrial Intelligence Institute (SETI) mengatakan paus adalah kelompok hewan yang kompleks dan cerdas. Mereka berkomunikasi bukan dengan ekspresi wajah dan gerak tubuh, tetapi dengan mengirimkan sinyal ke seberang lautan.

Cara ini dapat dianalogikan dengan kemampuan manusia dalam mengirimkan pesan melalui luar angkasa. Di sanalah Laurence Doyle menyadari bahwa mempelajari komunikasi paus dapat mengajarkan banyak hal kepada manusia tentang cara berkomunikasi atau mengirim pesan kepada alien.

Saat ini, menurut Discover Magazine, Laurence Doyle dan rekan-rekannya sedang mencoba menyelidiki suara ikan paus. Proses ini kemudian akan digabungkan dengan teori informasi untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang kompleksitas suara, aturan, dan pola panggilan paus.

“Upaya ini tentu saja bukan untuk menerjemahkan apa yang dikatakan paus. Namun dapat membantu kita memahami jenis kecerdasan lain dan cara berkomunikasi yang berbeda,” jelas Laurence Doyle.

Setidaknya menurut Discover Magazine, upaya Laurence Doyle bisa menjadi persiapan yang sangat berharga untuk komunikasi damai dengan makhluk cerdas yang tinggal di tempat lain di galaksi. Inilah sebabnya mengapa wanita lebih dominan mengerang saat berhubungan intim. Suara erangan memang identik dengan aktivitas seksual yang dilakukan oleh pasangan, baik pria maupun wanita. Namun secara umum, wanita mengeluh saat melakukan aktivitas seksual. Detik Tegal.co.id pada 10 Februari 2024

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan