Portal Berita Tegal
Beranda Edukasi Syarat, Cara Daftar, dan Jadwal Beasiswa KJMU 2024, Simak Ulasannya!

Syarat, Cara Daftar, dan Jadwal Beasiswa KJMU 2024, Simak Ulasannya!

JAKARTA – Berikut syarat, tata cara pendaftaran, dan jadwal beasiswa KJMU 2024. Bagi Anda yang sedang mencari beasiswa kuliah bisa mencoba mengikuti program ini.

KJMU merupakan singkatan dari Kartu Mahasiswa Unggul Jakarta. Mengutip dari Jakarta.go.id, KJMU merupakan salah satu program strategis Pemprov DKI Jakarta yang bertujuan membantu meningkatkan kualitas pendidikan bagi siswa dari keluarga berpenghasilan rendah yang memenuhi syarat untuk program sarjana atau sarjana. .

Baca juga: Perbedaan Bansos KJP, KJMU dan KJI, Simak Penjelasannya.

Hingga tahun 2023, terdapat 110 PTN yang bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta dalam program KJMU. Sementara itu, perguruan tinggi swasta yang terdaftar dalam program KJMU sedang beradaptasi dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) DKI Jakarta pada tahun berjalan.

Belum ada informasi lebih lanjut mengenai KJMU 2024. Namun kemungkinan rincian seperti persyaratan, tata cara pendaftaran, dan jadwalnya tidak akan berbeda jauh dengan tahun sebelumnya.

Persyaratan penerima KJMU 2024

1. Kondisi umum

-Akomodasi dan ketersediaan KTP dan QC DKI Jakarta.

– Terdaftar pada DTKS, DTKS Daerah dan/atau warga bantuan sosial di lembaga sosial Dinas Sosial.

– Tidak menerima beasiswa/bantuan pendidikan lainnya yang bersumber dari APBN dan/atau APBD.

2. Kondisi khusus

-Menyelesaikan pendidikan menengah pada lembaga pendidikan negeri/swasta di DKI Jakarta paling lambat 3 tahun yang lalu.

– Menyelesaikan program PTS reguler terakreditasi A/Unggul dan program pelatihan terakreditasi A/Unggul di DKI Jakarta pada bidang prioritas sesuai RPJMD tahun berjalan.

– Menyelesaikan PTN jalur reguler dibawah naungan Kemendikbud dan Kemenag.

– Bagi calon penerima KJMU yang berstatus mahasiswa, terdapat ketentuan tambahan yaitu pendaftaran sebagai calon penerima KJMU baru paling lama 4 semester.

Cara mendaftar di KJMU

Sebelumnya perlu diketahui bahwa pengajuan registrasi dan entri data calon penerima KJMU dilakukan oleh sekolah asal calon penerima.

Usulan bantuan keuangan untuk meningkatkan mutu pendidikan siswa kemudian dilakukan dengan mengajukan permohonan kepada gubernur. Dalam hal ini melalui kepala bagian dasar pendidikan menengah, dengan memuat dokumentasi lengkap sebagai berikut:

Baca juga: Beasiswa Kartu Jakarta Siswa Berprestasi 2024, Berikut Syarat dan Cara Mendaftarnya.

– Formulir pengisian data (tersedia di SMA asal)

-Surat permohonan bantuan pembiayaan peningkatan mutu pendidikan kepada gubernur dari siswa di SMA/SMK/MA asal dengan melampirkan dokumen.

– Surat permohonan bantuan untuk menutup biaya peningkatan mutu pendidikan

– Permintaan calon penerima manfaat belanja peningkatan mutu pendidikan (dengan stempel Rp 10.000)

– Surat persetujuan penggunaan bantuan keuangan untuk meningkatkan mutu pendidikan

– Pernyataan Kepala Departemen Pendidikan.

– Laporan semester 1 (bagi penerima KJMU tingkat lanjut)

– Fotokopi sertifikat teknis, fotokopi sertifikat mutu, konfirmasi nomor pendaftaran/pemeriksaan seleksi PTN/PTS

Jadwal KZHMU untuk tahun 2024

Untuk saat ini belum diketahui informasi tambahan mengenai jadwal program KJMU tahun 2024. Namun kemungkinan waktunya tidak akan berbeda jauh dengan tahun-tahun sebelumnya.

Sebagai referensi, KJMU biasanya dibuka setiap tahun, dengan pendaftaran dibagi menjadi dua tahap. Untuk periode tahun 2023, pendaftaran tahap pertama dibuka pada akhir Februari hingga awal Maret.

Jika kita melihat pendaftaran KJMU tahun lalu, kemungkinan besar penerimaan KJMU 2024 akan dibuka pada akhir bulan Februari.

Demikian sekilas informasi mengenai persyaratan KJMU 2024, cara pendaftaran, dan jadwal.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan