Portal Berita Tegal
Beranda Kesehatan Tak Perlu Harus Selalu Berikan Obat, Begini Tanda Demam Anak Tidak Fatal

Tak Perlu Harus Selalu Berikan Obat, Begini Tanda Demam Anak Tidak Fatal

Detik Tegal – Demam merupakan salah satu gejala yang paling umum terjadi pada anak-anak. Peningkatan suhu tubuh juga menjadi tanda bahwa tubuh anak sedang berjuang melawan zat berbahaya yang masuk.

Seorang anak bisa dikatakan demam bila suhu tubuhnya di atas 37 derajat Celcius. Meski orang tua khawatir, namun sebaiknya jangan langsung memberikan obat antipiretik pada anak. Pengobatan dapat dilakukan dengan obat-obatan.

“Tapi jamu tidak bisa cepat menurunkan demam tinggi. Jamu tidak bisa memberikan efek yang sama dengan parasetamol, karena kandungannya tidak tinggi. Kata Manajer Umum Ikatan Pengembang Kedokteran. Pengobatan Tradisional dan Jamu Indonesia dr. Ingrid Tania , MSi., kepada Detik Tegal, Rabu (19/10/3022) Foto Anak Sakit (Envato Elements)

Dr Ingrid menambahkan, orang tua tidak perlu panik saat anak mengalami demam tinggi. Sekalipun Anda tidak terserang flu, demam adalah hal yang normal dan merupakan reaksi alami tubuh.

Demam bukanlah suatu masalah yang tidak menimbulkan penyakit, kata.

Menurut situs Ikatan Dokter Anak (IDAI), tujuan utama pemberian obat saat anak demam adalah untuk membuat anak nyaman, bukan untuk menjaga suhu normal.

Saat anak demam, sebaiknya orang tua mempertimbangkan perilaku anak secara umum, apakah ia bisa bermain, makan dan minum dengan baik, serta mendengarkan anak buang air kecil setiap 3 -4 jam.

Jika anak Anda sering tidur, malas, dan jarang minum, segera bawa anak Anda ke dokter. Jika anak sangat mengantuk, sebaiknya orang tua tidak membangunkannya cukup memberinya obat antipiretik.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan