Portal Berita Tegal
Beranda Bisnis Terdampak Boikot, Laba dan Penjualan Unilever Indonesia Anjlok

Terdampak Boikot, Laba dan Penjualan Unilever Indonesia Anjlok

Republik.K.

Unilever juga melaporkan penurunan penjualan bersih, menurut laporan keuangan yang dirilis perusahaan. Emiten bernama UNVR ini mampu menurunkan penjualan bersih pada 2022 menjadi Rp38,6 triliun atau 6,32 persen dari Rp41,21 triliun.

Benji Yap, Presiden Direktur Unilever Indonesia, menjelaskan sentimen geopolitik menjadi faktor yang mengubah arah operasional perusahaan ke arah positif.

“Pada kuartal ketiga tahun 2023, bisnis kami mencatat pertumbuhan penjualan domestik sebesar 3,3 persen, dengan tingkat pertumbuhan dasar sebesar 4,3 persen,” kata Benzie pada acara laporan keuangan Unilever Indonesia 2023 di Jakarta. 7/2/2024).

Namun, tambah Benji, November dan Desember 2023 terdampak oleh perubahan sentimen akibat situasi geopolitik dan penjualan domestik Indonesia pada tahun penutupan tahun 2023 turun minus 5,2 persen.

Perusahaan terus fokus pada pertumbuhan jangka panjang dengan menerapkan lima prioritas strategis.

Lima prioritas strategis tersebut adalah memperkuat dan membuka potensi merek-merek inti, memperluas portofolio di seluruh segmen premium dan value, membangun kemampuan eksekusi, memimpin kemampuan transformasional, dan menempatkan prinsip-prinsip keberlanjutan sebagai inti perusahaan.

Benzie mengatakan perusahaan akan fokus pada pertumbuhan pasar yang berkelanjutan di masa depan. Pada tahun 2023, perusahaan akan melanjutkan upaya strategisnya untuk merangsang pertumbuhan pasar, sekaligus memperluas jangkauannya ke berbagai sektor.

Contoh utama keberhasilan upaya ini dapat dilihat pada kategori makanan dan minuman, kata Benzie.

“Metode ini mencapai pertumbuhan frekuensi penggunaan yang luar biasa dan mampu menarik lebih banyak pengguna. Hal ini menyebabkan peningkatan volume bisnis katering,” kata Benzie.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan