Portal Berita Tegal
Beranda Kesehatan Terlanjur Minum Obat Sirup Terlarang, Cek Gejala Keracunan Etilen Glikol Ini!

Terlanjur Minum Obat Sirup Terlarang, Cek Gejala Keracunan Etilen Glikol Ini!

Detik Tegal – Badan Pengawas Obat dan Makanan menerbitkan 5 obat berbahan dasar sirup yang berbahaya karena mengandung etilen glikol. yang merupakan zat yang diyakini menyebabkan gagal ginjal akut Banyak orang tua yang khawatir karena sudah terlanjur memberikan obat ini kepada anaknya. Jika ini terjadi Perhatikan gejala keracunan etilen glikol berikut ini.

Berdasarkan hasil pemeriksaan BPOM, lima obat berbahan dasar sirup melampaui batas pencemaran etilen glikol. Aliran kelima sirup ini akan ditarik dan dimusnahkan secepatnya. Berikut daftar merk sirup terlarang Sirup Termorex (penurun demam) diproduksi oleh PT Konimex dan memiliki nomor izin penjualan. DBL7813003537A1 Kemasan box, botol plastik ukuran 60 ml Sirup Flurin DMP (obat batuk dan flu) diproduksi oleh PT Yarindo Farmatama dengan ijin jual no. DTL0332708637A1 Dus berisi botol plastik 60 ml Unibebi Sirup Batuk (obat batuk dan flu) diproduksi oleh Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin penjualan. DTL7226303037A1 Dus berisi botol plastik 60 ml Unibebi Fever Syrup (obat demam) diproduksi oleh Universal Pharmaceutical Industries dengan ijin jual no. DBL8726301237A1 Kemasan dus, botol 60 ml, Unibebi Fever Drops (obat penurun demam) produksi Universal Pharmaceutical Industries, dengan nomor izin penjualan DBL1926303336A1 Kotak kemasan, botol 15 ml.

Jika Anda mengkonsumsi sirup seperti yang disebutkan di atas Perhatikan gejala keracunan etilen glikol berikut ini yang muncul dalam waktu 30 menit setelah dikonsumsi.

Gejala keracunan etilen glikol

Gejala awal keracunan bahan kimia ini mirip dengan keracunan alkohol. Karena berada pada golongan kimia dihidroksi alkohol. Juga dikenal sebagai diol.

Healthline menulis bahwa gejala keracunan etilen glikol muncul setelah 30 menit pertama dan menjadi lebih parah setelah 12 jam. Perhatikan beberapa gejala mulai dari keracunan awal hingga akut.

Gejala pertama keracunan etilen glikol antara lain sakit kepala, pusing, kehilangan kesadaran, kelelahan, bicara tidak jelas, atau mulai mengoceh. dan tidak mampu menjaga keseimbangan Gejala-gejala ini sangat mirip dengan orang mabuk.

Gejala awal lainnya adalah perasaan gembira atau bahagia berlebihan. Ini segera muncul dengan mual, muntah, dan bahkan kejang. Setelah 12 hingga 24 jam, gejalanya akan bertambah parah.

Gejala akutnya berupa penumpukan asam dalam tubuh karena tidak dapat dikeluarkan dari tubuh melalui urin. Tubuh kemudian akan mengalami kondisi yang disebut asidosis.

Organ tubuh yang cepat terkena keracunan etilen glikol antara lain ginjal, paru-paru, hati, dan otak.Beberapa gejalanya antara lain dehidrasi, kebingungan, dan pernapasan cepat dengan pernapasan dangkal.

Gejala serius lainnya termasuk perubahan tekanan darah dan detak jantung tidak teratur. Orang yang keracunan etilen glikol bisa mengalami koma.

Jika terpapar lebih dari 24 jam, kristal kalsium oksalat akan menumpuk di dalam tubuh. Kondisi ini menyebabkan gagal ginjal akut. dan biasanya terjadi dalam waktu 72 jam setelah paparan

Hal ini menjelaskan gejala keracunan etilen glikol jika dikonsumsi terlalu banyak. Saya harap artikel ini bermanfaat.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan