Portal Berita Tegal
Beranda Olahraga Timnas Italia Berduka, Top Skor Sepanjang Masa Gigi Riva Meninggal Dunia

Timnas Italia Berduka, Top Skor Sepanjang Masa Gigi Riva Meninggal Dunia

ITALIA – Mantan klubnya Cagliari mengumumkan bahwa pencetak gol terbanyak sepanjang masa Italia, Gigi Riva, meninggal dunia pada Senin di usia 79 tahun.

Mantan pemain yang membawa Italia juara Euro 1968 itu dikabarkan sudah sakit sejak akhir pekan lalu dan dirawat di rumah karena gangguan jantung. Namun kematiannya dipastikan sebelum dimulainya final Piala Super Italia antara Napoli dan Inter.

Masih berstatus pemain, Riva menjadi legenda Cagliari setelah membela klub Italia tersebut selama 13 tahun (1963-1976) dan menjuarai Serie A pada musim 1969/70.

Riva juga menjadi pencetak gol terbanyak Serie A tiga kali bersama Cagliari dan menempati posisi kedua dalam penghargaan Ballon d’Or pada tahun 1969, kalah dari pemain AC Milan dan rekan senegaranya di tim nasional Gianni Rivera.

Ia memainkan 42 pertandingan bersama Gli Azzuri dan mencetak 35 gol, memecahkan rekor yang belum pernah dipecahkan di timnas. Pencetak gol terbaik sepanjang masa timnas Italia.

Riva juga dianggap sebagai pahlawan bagi negaranya karena gol yang ia cetak saat menang 2-0 atas Yugoslavia di final Euro 1968.

Dua tahun kemudian di Piala Dunia 1970, Riva mencetak tiga gol, Italia berhasil mencapai final namun kalah 1-4 dari timnas Brasil. (Semut) Sosok Akram Afif, pemain terbaik dan top skorer Piala Asia 2023. Berkat 3 gol yang dicetaknya di final, Akram Afif berhasil menambah jumlah golnya menjadi 8 dan menjadi salah satu top skorer Asia tahun 2023. Piala tersebut sebelumnya dipegang oleh Aymen Hussein. Detik Tegal.co.id 11 Februari 2024

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan