Portal Berita Tegal
Beranda Edukasi Tips Memilih Jurusan Kuliah Berdasarkan Jenis Kepribadian, Kamu Cocok yang Mana?

Tips Memilih Jurusan Kuliah Berdasarkan Jenis Kepribadian, Kamu Cocok yang Mana?

Jakarta – Inilah kunci memilih perguruan tinggi besar berdasarkan tipe kepribadian. Memilih jurusan perguruan tinggi bagi calon mahasiswa bukanlah suatu hal yang mudah dan sederhana. Keputusan calon mahasiswa dalam memilih jurusan kuliah tidak hanya sekedar persoalan studi saja, namun juga mencakup pertimbangan etika.

Tips Memilih Perguruan Tinggi Yang Bagus Berdasarkan Kualitasnya

1. Karakter sejati

Tipe kepribadian yang pertama adalah Realistis atau Action, yaitu tipe kepribadian yang senang bekerja di bidang tersebut.

Mengutamakan kekuatan fisik dan otot serta didukung koordinasi motorik yang kuat menjadi ciri khas karakter ini. Oleh karena itu, calon mahasiswa dengan tipe kepribadian seperti ini akan membutuhkan pengalaman praktis dibandingkan teori.

Keterampilan teknik, baik bidang kelistrikan, elektronik, sipil, pertanian, perikanan atau otomotif dan kedokteran, merupakan inspirasi bagi tipe kepribadian realistis.

2. Penilaian Mutu

Tipe kepribadian selanjutnya adalah Investigative atau Thinker yang sangat menyukai mahasiswa profesional. Individu dengan kemampuan analisis yang kuat akan memenuhi syarat untuk memilih jurusan Kimia, Fisika, Nutrisi, Biologi, Pemrograman dan Kriminologi.

3. Kepribadian Profesional Tipe kepribadian selanjutnya adalah karir atau pencipta, yaitu orang yang sangat sosial tetapi lebih suka menyendiri. Mereka yang memenuhi syarat sebagai pencipta atau pencipta dapat memilih perguruan tinggi besar di bidang seni.

4. Kepribadian sosial

Tipe kepribadian manusia berikutnya adalah sosial, atau asisten adalah orang-orang biasa yang cenderung sosial. Memiliki etos kerja yang penuh, cerdas dan mengutamakan perasaan Mahasiswa yang memiliki karakter seperti ini cocok untuk bekerja di bidang sosial.

Oleh karena itu, orang dengan tipe kepribadian seperti ini cocok jika memilih perguruan tinggi besar seperti psikologi dan konseling, komunikasi, sosiologi dan sekretariat.

5. Karakter pemberani

Tipe karakter kelima yang bisa dijadikan acuan dalam memilih jurusan perguruan tinggi adalah Enterprising atau Persuaders. Tipe kepribadian ini tercermin dari kepribadiannya yang kuat, mudah bergaul, dan menjadi magnet yang baik bagi orang-orang disekitarnya.

Calon mahasiswa dengan kepribadian wirausaha paling cocok untuk mengambil jurusan Hubungan Internasional dan Manajemen Pemasaran.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan