Portal Berita Tegal
Beranda Lifestyle Tips Memilih Toner Sesuai dengan Tipe Kulit Wajah, Hindari Bahan Alkohol

Tips Memilih Toner Sesuai dengan Tipe Kulit Wajah, Hindari Bahan Alkohol

Detik Tegal – Tips memilih toner wajah tentunya menjadi salah satu hal yang perlu Anda kuasai. Pasalnya skin care ini berperan penting dalam menghilangkan sisa kotoran di wajah yang tidak bisa dibersihkan dengan pembersih atau cleanser wajah.

Ada banyak toner yang tersedia saat ini untuk dipilih. Namun, Anda harus memperhatikan komposisinya dan apakah cocok dengan jenis kulit Anda.

Agar tidak salah pilih, berikut beberapa tips cara memilih toner yang tepat sesuai jenis kulit, seperti dijelaskan di halaman cinta:

1. Tonik untuk kulit berminyak dan berjerawat

Untuk kulit berminyak, pilihlah toner dengan sifat eksfoliasi atau pengelupasan kulit. Toner jenis ini biasanya mengandung asam glikolat (BHA) dan asam salisilat (AHA), yang membantu melarutkan sel kulit mati dengan lembut dan mencegah jerawat.

Gunakan tonik jenis ini hanya sekali sehari, pada malam hari. Penggunaan berlebihan dapat menyebabkan hipersensitivitas kulit.

2. Tonik untuk kulit normal dan kering

Jika Anda memiliki kulit kering, pastikan toner Anda tidak mengandung astringen. Sebaliknya, carilah produk yang mengandung asam hialuronat dan niacinamide untuk membantu hidrasi.

Anda mungkin perlu mengganti toner secara berkala untuk melihat bagaimana reaksi kulit Anda setelah menggunakan toner. Toniknya bisa digunakan dua kali sehari, pagi dan sore.

3. Tonik untuk kulit kombinasi

Gunakan tonik dengan sifat menyerap lemak di sekitar dagu, dahi dan hidung, yang disebut Zona T, yang paling rentan terhadap sifat manis mulut. Selain itu, berhati-hatilah untuk tidak menggunakan cara ini pada seluruh bagian wajah, terutama yang kering.

Sebagai gantinya, gunakan tonik dengan sifat melembapkan di sekitar pipi.

4. Tonik untuk kulit sensitif.

Jika Anda memiliki kulit sensitif, hindari penggunaan toner dan produk perawatan kulit lainnya yang mengandung alkohol atau bahan yang sangat asam seperti paraben dan asam salisilat.

Sebaliknya, pilihlah toner dengan bahan pelembab dan humektan, seperti gliserin atau lidah buaya, yang tidak hanya melembabkan tetapi juga menenangkan kulit tanpa menyebabkan iritasi.

Selain tips memilih toner di atas, sebaiknya hindari juga toner dengan tambahan pewangi, seperti air mawar atau kulit jeruk. Bahan tambahan ini sebenarnya bisa menyebabkan iritasi.

Namun jika Anda ingin mencobanya, gunakan tonik tersebut selama beberapa hari terlebih dahulu lalu lihat apa yang terjadi pada wajah Anda. Reaksi setiap orang terhadap toner mungkin berbeda-beda karena dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Demikian informasi cara memilih toner yang tepat, semoga olahraganya menyenangkan dan semoga bisa menemukan toner yang sesuai dengan kondisi wajah Anda.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan