Portal Berita Tegal
Beranda Lifestyle Tren Tiktok Salt Water Flush untuk Diet Tuai Kecaman, Disebut Bisa Sebabkan Dehidrasi hingga Gangguan Usus

Tren Tiktok Salt Water Flush untuk Diet Tuai Kecaman, Disebut Bisa Sebabkan Dehidrasi hingga Gangguan Usus

Detik Tegal – TikTok kini menjadi gudangnya berbagai tren baru. Mulai dari kesehatan, kecantikan, hingga urusan percintaan.

Namun, tren terbaru di TikTok menuai kritik dari berbagai pakar karena dianggap berpotensi merugikan diri sendiri. Tren Tik Tok ini disebut pengurasan air asin.

Hashtag bilas air garam menjadi trending untuk kesehatan usus dengan lebih dari 11,3 juta penayangan. Tren ini bertujuan untuk membersihkan sampah di perut dan menurunkan berat badan dengan cepat.

Salah satu pengguna TikTok, Olivia Hedlund yang mengaku ahli gizi fungsional menjelaskan, tren ini hanya membutuhkan sebotol besar air mineral dan dua sendok teh garam berkualitas baik. Setelah itu campurkan kedua bahan tersebut lalu diminum. Tunggu 30 menit hingga cairan ini bereaksi.

Olivia juga berpesan kepada para pengikutnya untuk lebih mewaspadai tren ini dan mungkin saran ini tidak cocok untuk semua orang. Tak sedikit jaringan yang tertarik mencoba tren ini.

Namun, ahli diet terdaftar Abby Sharp menanggapi video ini sebagai pendekatan yang tidak etis. Pakar menjelaskan bahwa hanya tenaga kesehatan yang boleh memberikan nasehat, dan menjelaskan bahwa mereka harus memeriksakan kondisi fisiknya terlebih dahulu.

Ia menjelaskan, air garam sangat berbahaya bagi tubuh. Apalagi, jumlah garam yang dianjurkan sama dengan jumlah total garam yang sebaiknya dikonsumsi dalam satu hari.

“Kehilangan natrium dan cairan secara cepat dapat meningkatkan risiko dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit. Hal ini harus benar-benar dihindari, terutama jika ada kondisi medis tertentu,” menurut Abe seperti dilansir Nipost.

Selain itu, menurut penelitian, tren ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan mikrobioma di usus sehingga meningkatkan gangguan usus.

Oleh karena itu, sebelum mencoba tren tersebut, Abbey meminta setiap orang berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan