Portal Berita Tegal
Beranda Edukasi UI Dorong Penggunaan Motor Listrik di Dalam Kampus

UI Dorong Penggunaan Motor Listrik di Dalam Kampus

DEPOK – Universitas Indonesia mendorong penggunaan sepeda motor listrik di kampus sebagai alat transportasi ramah lingkungan bagi civitas akademika UI.

Sebagai kampus hijau, UI terus berupaya menjaga kelestarian lingkungan melalui berbagai program, salah satunya penggunaan kendaraan listrik, kata Wakil Rektor UI Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset Dedi Priyadi, Kamis.

“Penggunaan kendaraan listrik di kampus memiliki sejumlah manfaat, antara lain mengurangi emisi gas rumah kaca, meningkatkan kualitas udara, dan menghemat energi,” ujarnya.

Untuk mengembangkan penggunaan kendaraan listrik di kampus, UI melakukan beberapa langkah, antara lain menyediakan fasilitas pengisian daya yang memadai di kampus, melakukan penelitian dan pengembangan teknologi kendaraan listrik, serta mendukung program pendidikan manfaat kendaraan listrik dan konservasi energi.

Dengan mengambil langkah-langkah tersebut, ia berharap dapat menciptakan kampus yang berkelanjutan dan ramah lingkungan sehingga memberikan kontribusi positif dalam perjuangan melawan perubahan iklim.

Untuk mendukung penggunaan sepeda motor listrik, UI menggandeng PT Grab Teknologi Indonesia untuk menyediakan transportasi ramah lingkungan bagi peneliti UI.

Kemitraan tersebut ditandatangani oleh Didi Priyadi, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset UI serta Direktur Kemitraan Strategis Grab Indonesia Kertapradana.

Sebagai implementasi dari kemitraan ini, HÍ menerima 22 sepeda motor listrik GrabElectric Viar Q1 baru yang dipinjamkan oleh Grab Indonesia selama satu tahun.

Saat ini UI telah menerima 15 unit dan sisanya tujuh unit akan diterima secara bertahap. Sepeda motor listrik ini diharapkan dapat membantu mobilisasi pekerja dan dosen di lingkungan kampus Universitas Depok UI.

Selain peminjaman unit sepeda motor listrik, Grab Indonesia juga membangun shelter sepeda motor listrik di depan perpustakaan utama UI. Pembangunan shelter untuk menjamin akses transportasi umum yang lebih baik dan nyaman bagi warga UI dan masyarakat umum di kampus UI Universitas Depok.

Nining Joynadi, Country Director untuk Indonesia, berharap shelter yang modern dan efisien ini akan meningkatkan pergerakan sivitas akademika dan seluruh warga di UI, mengurangi kemacetan lalu lintas, dan meningkatkan perlindungan lingkungan. (Antara) Mendukung pemilu damai, Rodiono: Tidak boleh ada campur tangan negatif yang mengatasnamakan kampus. Kampus hadir untuk mengayomi semua kalangan. Detik Tegal.co.id 12 Februari 2024

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan