Scroll untuk baca artikel
Sains

Ular Besar Masuk Rumah Warga Akibat Kedinginan, Kok Bisa?

9
×

Ular Besar Masuk Rumah Warga Akibat Kedinginan, Kok Bisa?

Sebarkan artikel ini

JAKARTA – Seorang warga menemukan seekor ular di rumahnya saat musim dingin di British Columbia, Kanada. Sekelompok ahli satwa liar daerah merawat ular gopher Great Basin yang memutuskan untuk memasuki rumah-rumah penduduk alih-alih berhibernasi atau berhibernasi.

Laporan Upi.com, Selasa 13 Februari 2023, Rehabilitasi Satwa Liar Dalam Negeri menyebutkan ular tersebut merupakan hewan asli daerah tersebut dan ditemukan bekerja di sebuah rumah di Okanagan, Kanada.

Pusat rehabilitasi mengatakan ular tersebut akan dilepasliarkan di tempat yang sama saat ditemukan ketika suhu cukup hangat untuk bertahan hidup. 

Menurut Eva Hartmann, pendiri organisasi tersebut, izin khusus harus diperoleh dari pemerintah provinsi untuk memelihara ular tersebut, karena ular gopher Great Basin dianggap sebagai spesies yang terancam punah. 

Eva mengatakan, sebagaimana dicatat oleh vernonmoningstar.com, “Jika populasi ular lokal terus terancam oleh aktivitas manusia (pembangunan perkotaan, pertanian, mobil), mereka dapat menghadapi kehancuran dan menghilang dari wilayah tersebut selamanya. Itu bisa terjadi.”

Tujuh spesies ular hidup di Okanagan.  Dia kemudian menambahkan, “Orang yang menggunakan kesempatan ini untuk memahami ular lebih cenderung menganggap ular sebagai hewan yang menarik.”

Kejadian serupa terjadi di Depot di Kapolei, Honolulu, Hawaii.  Departemen Kepolisian Honolulu menerima panggilan 911 sekitar jam 11 malam dari seorang pegawai toko yang menemukan seekor ular gopher di dalam sebuah wadah.  

Ular tersebut memiliki panjang sekitar 21 inci, atau sekitar 53 cm, dan para ahli reptil telah memastikan bahwa itu adalah ular gopher yang tidak berbisa.

Ular dengan nama ilmiah Pituophis catenifer ini merupakan ular colubrid tidak berbisa yang berasal dari Amerika Utara.  Ular ini sering disamakan dengan ular derik, namun ular gopher mudah dibedakan dengan ular derik karena tidak memiliki warna hitam putih pada ekornya dan ukuran kepalanya lebih kecil dibandingkan ular derik. 

Ular gopher dapat ditemukan di berbagai habitat termasuk halaman rumput, hutan, halaman belakang, kebun, dan lahan pertanian. Pemanfaatan teknologi sebagai bagian dari ekosistem Ekosistem menjadi penting karena perusahaan tidak bisa berjalan sendiri. detiktegal.co.id 8 Juli 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *