Portal Berita Tegal
Beranda Olahraga Usai Haornas, Kemenpora Kembali Lakukan Kolaborasi di Ajang HSP ke-95 2023

Usai Haornas, Kemenpora Kembali Lakukan Kolaborasi di Ajang HSP ke-95 2023

Detik Tegal – Kementerian Pemuda dan Olahraga terus berperan aktif dalam pengembangan olahraga dan pemuda Indonesia. Setelah berkolaborasi dalam Hari Olahraga Nasional (Haornas 2023), Kemenpora berkolaborasi menghidupkan kembali Hari Janji Pemuda (HSP).

Telah ditetapkan sebagai hari libur nasional melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Tenaga Kerja dan Menteri PAN RB tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023, perayaan Hari Janji Pemuda (HSP) pada tanggal 28 Oktober 2023 berbeda dibandingkan sebelumnya. bertahun-tahun.

Dalam perayaan HSP ke-95 tersebut, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di bawah komando Menpora Dito Ariotedjo yang merupakan lead sector kegiatan juga menggandeng Rizky ‘Ucup’ Aulia, sosok yang sukses menggelar HSP sebelumnya. Acara di Pestapora, yakni festival musik di kawasan Gambir Expo dan JIExpo Kemayoran Jakarta selama tiga hari pada September lalu yang dihadiri hampir 100 ribu orang.

Sekadar informasi tambahan, pesta yang diselenggarakan Rizky ‘Ucup’ Aulia selama tiga hari di kawasan Gambir Expo dan JIExpo Kemayoran Jakarta ini bukan dilatarbelakangi penggunaan uang APBN, melainkan kerja sama maksimal dengan puluhan sponsor.

Sebelumnya, Kemenpora juga sukses menyelenggarakan rangkaian bulan pemuda hingga HSP ke-95 bertajuk Festival Pemuda Indonesia 2023 di halaman Kantor Kemenpora yang menjadi ajang silaturahmi dan mempererat kerja sama serta sinergi di bidang kepemudaan dengan melibatkan berbagai organisasi kepemudaan (OKP) dan komunitas kepemudaan.

Acara puncak Festival Remaja Indonesia yang berlangsung Sabtu dan Minggu kemarin (14-15/10/2023) diisi dengan kegiatan workshop, stand-up comedy, penampilan grup vokal serta penampilan konser band Ungu serta hadirnya UMKM yang bersiap untuk tidak lagi menjadi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah, namun lebih dikenal masyarakat dan menjadi besar melalui acara ini yang sangat cocok untuk generasi muda.

“Menjelang peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95, saya mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk bersama-sama mewujudkan kegiatan dan gerakan pemuda dari pusat hingga daerah secara partisipatif, inklusif, dan kolaboratif pada bulan Oktober dan seterusnya. Nilai-nilai gotong royong dan gotong royong “Harus dilestarikan dan dijadikan landasan dalam membangun karakter,” kata Menpora Ditto.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 akan dipusatkan di Monumen Nasional (Monas), dengan adegan kemilau IKN bertema Bersama Membangun Indonesia. Yakni kerja sama antar kementerian/lembaga, pusat dan daerah, serta pemangku kepentingan lainnya sebagai rumusan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 43 Tahun 2022 tentang Koordinasi Strategis Lintas Sektor dalam Penyediaan Pelayanan Pemuda.

Dipilihnya Monas sebagai penghormatan HSP ke-95 bukan tanpa alasan, namun sebagai simbol semangat meraih Kejayaan Emas Indonesia Berkembang 2045 sehingga dapat dipahami bahwa yang dimaksud dengan Perpres Nomor 43 Tahun 2022 adalah kerjasama, karena Tanpa kerja sama berbagai pihak, Indeks Pembangunan Pemuda tidak akan bisa mewujudkan prediksi Menpora atas kemenangan Timnas Indonesia atas Australia 1:0. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotejo optimistis timnas Indonesia bisa menang melawan timnas Australia di babak 16 besar Piala Asia 2023 di Qatar. Detik Tegal.co.id 26 Januari 2024

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan