Portal Berita Tegal
Beranda Edukasi USU Raih Penghargaan dari BKKBN Karena Lakukan Hal Ini

USU Raih Penghargaan dari BKKBN Karena Lakukan Hal Ini

Sumut – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengakui Universitas Sumatera Utara (USU) sebagai perguruan tinggi kesehatan masyarakat.

Penghargaan tersebut diserahkan Rektor USU Prof Dr Muryanto Amin, SSos, MSi dalam acara Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Kharganas), Banyuasin, Sumatera Selatan, Selasa, 4 Juli 2023 lalu.

Rektor USU Profesor Muryanto Amin menjelaskan, penghargaan dari BKKBN pusat ini merupakan penghargaan karena USU dianggap sebagai pemrakarsa berdirinya Konsorsium Perguruan Tinggi Peduli Masyarakat (PTPK) di Indonesia.

Alhamdulillah, ini merupakan wujud syukur BKKBN karena kami mulai membangun konsorsium PTPK yang kemudian akan bersinergi dengan BKKBN dalam program-programnya untuk mengatasi issue atau permasalahan kependudukan di Indonesia, kata Muryanto dalam keterangan tertulis yang diperoleh Detik Tegal . , Rabu, 5 Juli 2023.

Profesor Murey menjelaskan salah satu tujuan program kerja konsorsium PTPK adalah masalah stunting. Selain isu tersebut, tiga bidang lainnya adalah pemberantasan kemiskinan ekstrem, perencanaan pembangunan skala besar dan kependudukan (GDPK), dan upaya pembangunan berkelanjutan berdasarkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

“Perguruan tinggi hadir untuk memberikan solusi melalui program layanan strategis dan skema penelitian sejalan dengan prinsip Tiga Dharma pendidikan tinggi untuk mengatasi empat tantangan tersebut,” kata Profesor Murey.

BKKBN sendiri telah membentuk jaringan kemitraan pentahelik dengan kemitraan lintas sektoral, salah satunya dengan mitra perguruan tinggi, dalam rangka pembangunan keluarga, pelaksanaan program kependudukan dan keluarga berencana (Bangga Kenkana) serta percepatan stunting.

BKKBN dan Kemenristekditi kemudian melakukan pertemuan awal pada November 2022 untuk membentuk Konsorsium UNS yang melibatkan 11 universitas di Indonesia.

Melalui forum tersebut, Rektor Universitas Sebelas Maret (BNU) terpilih sebagai Ketua Konsorsium PTPK, Wakil Ketua PTPK, Rektor Universitas Hasanudin, dan Sekretaris Konsorsium PTPK terpilih menjadi Rektor Konsorsium PTPK. Profesor Muryanto Amin dari Universitas Sumatera Utara (USU).

Perguruan tinggi yang tergabung dalam konsorsium PTPK antara lain Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB).

Kemudian Universitas Pajajaran (UNPAD), Universitas Airlanga (UNAIR), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Tadulako, Universitas Padang dan Universitas Mulavarman. Seorang janda di Simalungun membawa sepeda motor seorang pria ke sebuah pertemuan. Rombongan Jatanras Reskrim Polres Simalungun menangkap seorang janda berinisial NL (38). Sebab, saat ditemui, ia kabur dengan sepeda motor dari pria yang dikenal R (42). Detik Tegal.co.id 13 Februari 2024

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan