Portal Berita Tegal
Beranda Kesehatan Waspada, Rokok dan Vape Bisa Picu Kanker Laring

Waspada, Rokok dan Vape Bisa Picu Kanker Laring

Detik Tegal, JAKARTA — Kanker tidak disebabkan oleh satu faktor saja. Berbagai faktor risiko tersebut terjadi terus menerus dalam jangka waktu yang lama hingga akhirnya menimbulkan penyakit kanker, seperti kanker yang terjadi pada laring.

Kanker yang juga dikenal sebagai kanker pita suara ini disebabkan oleh kebiasaan merokok. Jika dilakukan dalam jangka panjang, merokok dapat menyebabkan penderitanya terkena kanker laring.

“Jadi kalau dia merokok satu batang saja, itu saja, apalagi lima tahun atau tidak, tidak masalah.” Tapi kalau dia banyak merokok lalu terus merokok di ruangan tertutup misalnya dan selalu terpapar rokok tersebut, bisa menyebabkan mutasi sel,” kata dr Marlinda Adham tentang “Diagnosis dan Pengobatan Kanker Laring”. tayangan di akun Instagram resmi RSCM pada Selasa (6/2/2024).

Dokter Marlinda juga mengimbau masyarakat untuk tidak menggunakan vape. Rokok elektronik ini sering digunakan sebagai pengganti rokok lintingan tangan.

“Saya pernah baca kalau yang ada rasa buah-buahan justru lebih berbahaya dibandingkan yang tidak ada rasa buahnya, kenapa? Mungkin dengan tambahan bahan kimia tertentu. Ya, itu bahan kimia tertentu, kita belum tahu apakah aman,” kata dia. spesialis telinga, hidung dan tenggorokan, konsultan tenggorokan dan onkologi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta.

Selain merokok, lanjut dr Marlinda, faktor lain yang berkontribusi terhadap kanker laring antara lain konsumsi alkohol, faktor genetik, dan pola makan. Menurutnya, penyebab kanker adalah trauma pada pita suara, yakni pita suara sering digunakan untuk berteriak.

Dr Marlinda mengatakan, sejumlah profesi misalnya dosen, guru, penyanyi, ketika bekerja harus bersuara keras, dan terkadang mereka merasa emosional sehingga berbicara lebih lantang. Dikatakannya, mereka harus mengontrol volume suara, mengatur kapan harus keras dan kapan harus pelan, agar tidak terjadi trauma pada pita suara.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan