Portal Berita Tegal
Beranda Lifestyle Wujudkan Lingkungan Bersih dan Sehat, Program #BaktiSOSial Sasar Ratusan Panti Asuhan dan Panti Jompo

Wujudkan Lingkungan Bersih dan Sehat, Program #BaktiSOSial Sasar Ratusan Panti Asuhan dan Panti Jompo

JAKARTA – Panti asuhan dan panti jompo merupakan lembaga kesejahteraan sosial yang berperan penting dalam memberikan kehidupan dan tempat yang layak bagi anak angkat dan orang lanjut usia. Hal ini tentunya akan lebih maksimal jika lingkungan panti jompo selalu bersih dan higienis.

SOS menghadirkan program CSR bertema “Langkah Bersih Menuju Ribuan Senyuman” bertajuk #BaktiSOSial yang menyasar ratusan panti asuhan dan panti jompo sebagai langkah nyata mewujudkan lingkungan bersih dan sehat.

Berdasarkan hasil kajian Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) bersama Pemerintah Australia dan Lembaga Penelitian SMERU pada tahun 2022, sebagian besar panti jompo di Indonesia memiliki dana terbatas dan hanya mengandalkan yayasan mandiri.

Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) mencatat pada tahun 2014 bahwa dari hampir 3.000 panti asuhan yang didirikan di Kabupaten Jabadetabek, hanya 38 persen yang memiliki fasilitas memadai, termasuk sanitasi berkelanjutan dan lingkungan yang bersih. Selain itu, risiko penularan penyakit dapat meningkat di lingkungan dengan kebersihan yang buruk dan populasi yang besar, seperti panti asuhan dan panti jompo.

Vinny Unitavati, General Manager Brand Investment and Consumer Engagement – Consumer, Cosmetics and Healthcare – SOS, menjelaskan menjaga kebersihan merupakan langkah penting yang diperlukan untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman.

“Kegiatan CSR #BaktiSOSial ini sejalan dengan komitmen SOS dalam menjaga keluarga, rumah, dan lingkungan melalui perilaku hidup bersih dan sehat, serta terbebas dari kuman, virus, dan bakteri berbahaya,” ujar Winnie Unitavati.

“Hingga saat ini, program CSR #BaktiSOSial telah berhasil menjangkau sedikitnya 200 panti asuhan dan panti jompo di 20 kota di Indonesia, mendistribusikan lebih dari 80.000 produk kebersihan dan melakukan kampanye bersih-bersih bersama tim SOS. Jaringan Komunitas Relawan Ditambahkan “Dompet Doufa dan warga panti asuhan”.

Ahmad Riyaldi, Ketua Panti Asuhan Yayasan Al-Abqo Ziyadah Depok, tempat dilaksanakannya aksi bersih-bersih, mengucapkan terima kasih dan menyambut baik terselenggaranya program #BaktiSOSial.

“Kami sangat bersyukur dan mendukung penuh SOS #BaktiSOSial karena kami yakin dengan lingkungan yang bersih, anak-anak dapat tumbuh dengan sehat dan lingkungan semakin nyaman, sehingga mendukung anak-anak untuk lebih fokus dalam belajar,” kata Ahmad.

Acara #BaktiSOSial ini turut dimeriahkan oleh 10 keluarga pemenang SOS Squad Digital Challenge 2023. SOS Squad merupakan program tahunan SOS yang bertujuan untuk berbagi semangat perlindungan dan kepedulian terhadap kebersihan mulai dari lingkungan terkecil yaitu. . rumah dan keluarga.

Mengusung motto “Rumah Bersih, Keluarga Nyaman”, para anggota SOS Squad 2023 membagikan foto dan video sebelum dan sesudah rumah yang mereka dan keluarga bersihkan dan rapikan di media sosial dengan berbagai produk SOS yang tersedia di pasaran.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan