Portal Berita Tegal
Beranda Teknologi XL Axiata Prediksi Trafik Internet Melonjak 10 Persen Saat Pemilu 2024

XL Axiata Prediksi Trafik Internet Melonjak 10 Persen Saat Pemilu 2024

Detik Tegal, Jakarta – XL Axiata menyiapkan jaringan untuk tahun 2024 untuk mendukung pemilu. Tanggal pemilu akan berlangsung pada tahun 2024. pada hari Rabu, 14 Februari.

XL Axiata mengatakan belum ada rencana untuk membangun jaringan ini secara khusus, namun perseroan berniat mempertahankan jaringan tersebut agar pelanggan dan masyarakat luas dapat menikmati pesta demokrasi.

Perseroan mengatakan kesiapan jaringan ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan jaringan XL dan pengalaman pelanggan XL Axiata sepanjang tahun.

Direktur dan Chief Technical Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan, pihaknya memiliki jaringan dengan kapasitas yang cukup untuk mengantisipasi fluktuasi trafik selama masa pemilu.

“Perhatian dan prioritas kami adalah layanan komunikasi yang mudah dan lancar bagi pelanggan dan masyarakat. Kami berharap layanan tetap beroperasi tanpa kendala besar pasca lonjakan trafik,” kata I Gede dari keterangan resmi XL kepada Axiata.

XL Axiata memperkirakan trafik akan meningkat sebesar 10 persen pada masa libur demokrasi dibandingkan kondisi normal atau hari kerja.

“Pengelola dan tim jaringan XL Axiata siap untuk tetap berada di lokasi dan dari pusat pemantauan Customer Experience and Service Center XL di Jakarta. Perencanaan darurat juga disediakan untuk memastikan kualitas jaringan,” kata Gedė.

Sekadar informasi, XL Axiata kini memiliki lebih dari 57 juta pelanggan. Perusahaan melayani kebutuhan 158 ribu pelanggan. BTS yang sebagian besar adalah 4G.

Selain itu XL Axiata juga punya 159 ribu. km jaringan inti serat optik yang mendukung jaringan data terbesar di banyak kepulauan Indonesia.

Pada acara yang sama, XL Axiata menyatakan telah mengembangkan jaringan untuk mengantisipasi lonjakan trafik saat libur Imlek dan libur Cap Go Meh.

Pada dua periode tersebut, trafik diperkirakan meningkat di kota-kota besar, dimulai dari Mataram (7%), Denpasar (7%), Yogyakarta (7%), Kab. Badung (7%) dan Pontianak (6%).

Selain mengoperasikan jaringan yang dibutuhkan saat Imlek dan Cap Go Meh, XL juga fokus pada kualitas jaringan di kawasan residensial, perumahan, tempat ibadah, dan pusat perbelanjaan.

Perusahaan memperkirakan arus data atau layanan Internet akan meningkat.

Traffic dari layanan streaming seperti film, musik, dan game diprediksi akan meningkat.

Sementara itu, layanan panggilan video, browsing web, dan pesan instan (IM) akan meningkat karena biasanya saat ini banyak orang yang berkirim salam.

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan