Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

1 Jemaah Haji Kloter Batam Alami Penurunan Kesadaran, Dokter Anjurkan Jangan Takut Minum

14
×

1 Jemaah Haji Kloter Batam Alami Penurunan Kesadaran, Dokter Anjurkan Jangan Takut Minum

Sebarkan artikel ini

Detik Tegal, Jakarta – Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Madinah melayani 26 pasien pada 11 hingga 13 Mei 2024. Dari jumlah tersebut, masih terdapat 13 kunjungan unit gawat darurat (UGD), tujuh kunjungan rawat jalan, dan enam pasien rawat inap.

Pasien pertama yang mendapatkan layanan kesehatan adalah pegawai KKHI Madina yang harus berobat di High Care Unit (HCU) karena gangguan pernafasan.

Pasien berikutnya adalah Batam Hang Nadim (BTH), jemaah haji kloter 10 yang sempat dirawat di HCU namun dilarikan ke Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) karena kondisinya hilang kesadaran dan kondisinya memburuk.

Menurut penanggung jawab kedokteran, Dr. Menurut Aditha Karthyanto SPPD, tekanan darah pasien hanya 150 dan tidak menderita hipertensi berat. Penyebabnya adalah retensi urin yang kemudian menyebabkan tekanan darah tinggi.

“Ada juga kecenderungan prostat membengkak karena toleransi nyeri sehingga memerlukan penanganan lebih lanjut, karena di sini kami hanya bisa membantu dengan memasang kateter urin,” ujarnya, seperti dikutip Sehat Negeriku pada Sabtu, 17 Mei 2024. .

Adita juga mengingatkan jemaah haji untuk menghindari dehidrasi selama berada di Arab Saudi. “Sebaiknya cegah dehidrasi, jangan takut minum, karena buang air kecil tandanya kita tidak dehidrasi, minumlah air putih 200 ml atau segelas setiap jamnya,” ujarnya.

Ia menegaskan, toilet yang tersedia di tanah suci cukup banyak sehingga tidak perlu khawatir dengan air minum. “Toilet ada dimana-mana sehingga memudahkan untuk buang air kecil,” kata Aditha.

Ketua KKHI Madinah Dr. Karmidjono mengatakan banyak jemaah haji yang ragu minum air dalam perjalanan dari Indonesia ke Arab Saudi. Selain itu, banyak jemaah haji yang menahan kencingnya karena tidak tahu cara menggunakan toilet pesawat.

Karmidjono menambahkan, campur tangan petugas atau ketua rombongan sangat penting untuk mengingatkan jemaah haji agar selalu minum air selama penerbangan dan membantu mereka yang tidak tahu cara menggunakan toilet di dalam pesawat.

Sebab, banyak jemaah yang baru pertama kali dan dalam jangka waktu lama menggunakan pesawat tersebut, ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *