Scroll untuk baca artikel
Edukasi

10 Politeknik Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2024

9
×

10 Politeknik Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2024

Sebarkan artikel ini

detiktegal Education – Memilih kampus bisa menjadi sebuah keputusan yang sangat penting dan bisa mempengaruhi masa depan seseorang. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan tempat untuk belajar.

Masih ragu untuk memilih kampus terbaik? Ada universitas dan perguruan tinggi untuk dipilih. Hanya saja perguruan tinggi lebih banyak pada bidang akademik, sedangkan perguruan tinggi lebih banyak pada pendidikan vokasi yang menekankan pada keterampilan.

Politeknik merupakan salah satu jenis perguruan tinggi yang dapat menjadi pilihan bagi mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Politeknik mengutamakan pendidikan vokasi dengan model perkuliahan 70 persen praktek dan 30 persen teori.

Makanya perguruan tinggi tidak memberikan pendidikan akademis, bidangnya juga beragam, antara lain teknologi, pertanian, media, perdagangan dan berbagai bidang lainnya. Jika politeknik bisa menjadi pilihan, berikut daftar 10 politeknik terbaik di Indonesia versi Webometrics 2024 yang patut dipertimbangkan.

Webometrics baru saja merilis daftar pemeringkatan kampus tahun 2024. Pada tahun 2024, 3.567 kampus di Indonesia akan mengikuti pemeringkatan Webometrics. Dari daftar tersebut, 10 perguruan tinggi terbaik di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menduduki peringkat tertinggi di Indonesia. Politeknik Elektronika Negeri Universitas Negeri Surabaya yang berlokasi di Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur menduduki peringkat ke-25. Politeknik Pertanian Negeri Kupang berada pada peringkat 136 yang berlokasi di Kota Luximawe Provinsi Aceh dan memiliki peringkat nasional 146. Politeknik Pelayaran Negeri Surabaya Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur merupakan perguruan tinggi vokasi negeri yang menduduki peringkat 148 nasional. Politeknik Negeri Tanah Laut, sebuah universitas. Perguruan tinggi vokasi negeri di Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan ini mempunyai peringkat nasional sebesar 167. Universitas Vokasi Politeknik Negeri Banjarmasin Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan menduduki peringkat 171 nasional. Universitas Vokasi Negeri Politeknik Negeri Batam, Riau terletak di Kota Batam. Provinsi Kepulauan memegang peringkat nasional 178. Berada di Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara, SMK Negeri Politeknik Manado menduduki peringkat 179 nasional. Perguruan Tinggi Vokasi Politeknik Harapan Bersama yang berlokasi di Kota Tegal Provinsi Jawa Tengah Peringkat Nasional 19. Politeknik Harapan Bersama menjadi satu-satunya politeknik swasta yang masuk 10 besar. Politeknik Negeri Maling, perguruan tinggi vokasi negeri di kota Maling, provinsi Jawa Timur, mempunyai peringkat nasional 203.

Pemeringkatan Webometrics didasarkan pada tiga indikator pemeringkatan yaitu visibilitas, keterbukaan, dan keunggulan. Masing-masing indikator mempunyai bobot 50%, 10% dan 40%. Visibilitas mengukur dampak konten web, yaitu dampak informasi yang dipublikasikan di situs web pendidikan tinggi.

Openness mengukur jumlah kutipan menggunakan data yang diperoleh dari profil Google Cendekia, sedangkan Excellence mengukur jumlah artikel yang dikutip menggunakan data yang diperoleh dari Scamago.

Tentang Politeknik Harpan Birsama

Sebagai satu-satunya perguruan tinggi swasta yang masuk dalam 10 besar perguruan tinggi terbaik versi Webometrics 2024, berarti Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) merupakan perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia.

Berlokasi di Kota Tegal, Jawa Tengah, Politeknik Harber memiliki 11 program studi yang maju dan inovatif, antara lain Teknik Informatika, Teknik Komputer, Elektronika, Teknik Mesin, Keperawatan, Kebidanan, Farmasi, Desain Komunikasi Visual, Akuntansi, Perhotelan dan Akuntansi Sektor Publik.

Saat ini Poltekharber sedang membuka penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2024/2025 melalui laman poltekharber.ac.id. Nah itulah 10 perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Webometrics 2024. Apakah ada kampus yang kamu cari?

Baca artikel edukasi menarik lainnya melalui link ini. Hari ini 172 kampus Muhammadiyah akan melakukan aksi bela Palestina dan kecaman Israel. Bersama bela Palestina dan kutuk Israel, 172 kampus Muhammadiyah se-Indonesia akan digelar pada Selasa, 7 Mei 2024. Mulai hari ini pukul 10.00 WIB. detiktegal.co.id 7 Mei 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *