Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

10 Tips Aman Mudik Lebaran Bersama Hewan Peliharaan, Anabul Dijamin Happy

14
×

10 Tips Aman Mudik Lebaran Bersama Hewan Peliharaan, Anabul Dijamin Happy

Sebarkan artikel ini

Detik Tegal, Jakarta – Berlibur atau mudik bersama hewan peliharaan seperti kucing bisa membuat stres jika tidak dipersiapkan dengan baik. Merencanakan perjalanan Anda terlebih dahulu akan memastikan keamanan dan kenyamanan Anda dan hewan peliharaan Anda.

Jika Anda berencana melakukan perjalanan pulang dengan membawa hewan peliharaan, sebaiknya lakukan beberapa langkah untuk mempersiapkan kebutuhannya selama perjalanan.

Bepergian dengan membawa hewan peliharaan, terutama perjalanan jauh dengan mobil, memerlukan banyak persiapan, karena Anda tidak dapat menemukan semua yang Anda butuhkan untuk hewan peliharaan Anda saat bepergian.

Dilansir WebMD pada Sabtu, 6 April 2024, berikut 10 tips keselamatan dan keamanan saat berkunjung ke rumah bersama hewan peliharaan. 1. Siapkan semua perlengkapan yang Anda perlukan untuk hewan peliharaan Anda

Pastikan Anda membawa perlengkapan hewan peliharaan yang diperlukan untuk perjalanan dan liburan. Sertakan catatan kesehatan hewan, termasuk vaksinasi terkini.

Siapkan juga perbekalan makanan, air, obat-obatan dan peralatan makan yang lengkap. Jangan lupa membawa perlengkapan kebersihan seperti kantong sampah dan mangkuk.

Berikan mainan favorit pada hewan peliharaan Anda agar tetap nyaman selama perjalanan. Dan yang terakhir, pastikan Anda membawa pusat kesehatan hewan peliharaan.2. Kendalikan hewan peliharaan saat mereka pulang

Tentu saja, tidak aman bagi hewan peliharaan Anda jika mereka melompat ke dalam mobil saat Anda sedang mengemudi. Oleh karena itu, siapkan tempat yang aman untuk hewan peliharaan Anda, Anda bahkan bisa mengamankannya dengan ikat pinggang. 3. Jangan menjulurkan kepala ke luar jendela mobil

Tidak dapat disangkal bahwa hal ini membuat hewan lain senang, dan menyenangkan untuk ditonton. Namun, hal ini sangat tidak aman untuk dilakukan karena hewan peliharaan Anda berisiko tertabrak oleh kendaraan lain yang lewat.

Mereka bisa terlempar keluar jendela saat Anda harus mengerem atau berbelok tiba-tiba.

Pastikan anjing atau kucing Anda memiliki kalung identitas dengan alamat rumah dan nomor telepon. Untuk perjalanan jauh dan liburan, berikan label sementara dengan nomor telepon tempat Anda akan menginap.

Ini untuk berjaga-jaga jika hewan peliharaan Anda hilang saat Anda bepergian. Selain itu, berhati-hatilah dalam memilih kalung yang aman untuk mereka, jangan pernah menggunakan kalung yang dapat membahayakan hewan peliharaan Anda. 5. Berlatihlah mengemudikan mobil Anda

Berjalan-jalanlah sebentar dengan anjing Anda agar dia terbiasa mengendarai mobil sebelum melakukan perjalanan jauh. Tingkatkan lama perjalanan ini secara bertahap hingga saat Anda melakukan perjalanan jauh bersama hewan peliharaan Anda, mereka tidak terkejut dengan kondisi di dalam mobil.

Berikan hewan peliharaan Anda camilan tiga hingga empat jam sebelum melakukan perjalanan jauh. Saat Anda bepergian, selalu luangkan waktu untuk berhenti di tempat istirahat atau berhenti untuk memberi makan anjing Anda.

Jangan memberi mereka makan di dalam kendaraan yang bergerak karena dapat membuat hewan peliharaan Anda sakit saat bepergian. 7. Jangan tinggalkan hewan peliharaan sendirian di dalam mobil

Jangan pernah meninggalkan hewan peliharaan Anda sendirian di dalam mobil yang diparkir, terutama dalam jangka waktu lama. Hewan peliharaan Anda akan terjebak di dalam mobil tanpa mesin dihidupkan. Ini adalah masalah keamanan karena panas di dalam mobil dan dapat berdampak negatif pada hewan peliharaan.

Bawalah dokumen penting hewan peliharaan Anda. Hal ini sangat penting terutama jika Anda bepergian melintasi perbatasan nasional atau internasional. Bawalah surat keterangan kesehatan hewan peliharaan Anda, serta bukti vaksinasi rabies. 9. Siapkan persediaan air minum

Anda bisa menyediakan air minum sendiri atau menyediakan air minum dalam kemasan untuk hewan peliharaan Anda. Meminum air dari tempat yang tidak direncanakan dan sumber yang tidak diketahui dapat menyebabkan rasa sakitnya. 10. Siapkan mobil Anda

Persiapkan mobil Anda jika ingin membawa hewan peliharaan. Pastikan ada cukup ruang untuk meletakkan kotak hewan peliharaan atau tempat duduknya. Hal ini dapat meningkatkan kenyamanan hewan peliharaan karena mereka tidak akan merasa sesak di dalam mobil dengan barang-barang Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *