Scroll untuk baca artikel
Hiburan

11 Makanan Tinggi Protein Tanpa Lemak yang Tinggi Manfaatnya Bagi Kesehatan

11
×

11 Makanan Tinggi Protein Tanpa Lemak yang Tinggi Manfaatnya Bagi Kesehatan

Sebarkan artikel ini

Detik Tegal, Jakarta Makanan kaya protein seperti daging dan kacang-kacangan memiliki kandungan lemak yang berbeda-beda dan biasanya dikelompokkan berdasarkan tingkat kehalusannya atau bebas lemak.

Protein tanpa lemak, seperti ayam tanpa lemak dan tanpa lemak, menunjukkan lebih sedikit lemak dan kolesterol dibandingkan protein tinggi lemak, seperti makanan tinggi lemak, beberapa jenis daging sapi, dan semua telur.

Meski makanan rendah lemak belum tentu lebih sehat atau bergizi dibandingkan makanan tinggi lemak, namun sebagian orang lebih memilih makanan tinggi protein dibandingkan makanan tinggi lemak.

Berikut beberapa contoh makanan berprotein tinggi yang disebutkan health.com (04/03).

Selain rendah lemak dan tinggi protein, dada ayam juga mengandung nutrisi penting seperti vitamin B niacin (B3) dan piridoksin (B6), serta mineral zinc dan selenium yang dibutuhkan tubuh.

Dada ayam dapat melengkapi masakan dengan beragam protein, memberikan nutrisi tambahan pada masakan seperti pasta, pilaf nasi, dan sup.

Bubuk protein seperti protein whey, protein kacang polong, dan peptida kolagen menawarkan pilihan yang sangat baik untuk meningkatkan asupan protein Anda.

Bubuk protein rendah lemak, menjadikannya pilihan cerdas bagi orang yang ingin fokus mengonsumsi lebih sedikit protein.

Kedelai dan kacang merah merupakan sumber nutrisi kaya serat yang berperan penting dalam mengatur sistem pencernaan dan jantung.

Serat membantu mengatur pencernaan dan membantu menjaga keseimbangan kolesterol dan tekanan darah. Seperti halnya protein, serat juga membuat kita merasa kenyang setelah makan.

Oleh karena itu, memilih makanan yang kaya protein dan serat dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kesehatan tubuh.

Keju merupakan produk susu yang banyak mengandung protein dengan lemak berbeda. Keju skim dan keju cottage rendah lemak tetapi tinggi protein, meningkatkan penurunan berat badan yang sehat dan memperbaiki komposisi tubuh.

Selain rendah kalori dan tinggi protein, keju skim juga mengandung vitamin dan mineral penting, seperti kalsium. Kalsium dibutuhkan untuk membangun dan menjaga kesehatan tulang serta mendukung fungsi sistem saraf dan jantung.

Meskipun semua jenis yogurt mengandung protein tinggi, yogurt ala Yunani kaya akan nutrisi.

Yoghurt jenis ini menyediakan protein dua kali lebih banyak dibandingkan yogurt biasa, dengan 17,5 gram protein dalam porsi 6 ons, jauh dari 7 gram yang terdapat pada yogurt biasa.

Selain itu, yogurt ala Yunani juga mengandung kalsium, vitamin B12, selenium, magnesium dan masih banyak nutrisi penting lainnya.

Makanan laut, termasuk ikan dan kerang, kaya akan protein.

Ada makanan laut tanpa lemak dan berlemak, keduanya mengandung nutrisi penting, namun beberapa orang mungkin lebih suka memilih makanan laut seperti halibut, kepiting, dan kerang daripada yang berlemak.

Mengonsumsi dada ayam, salah satu contoh pola makan rendah lemak dan tinggi protein, dapat meningkatkan rasa kenyang dan menjaga kadar gula darah yang sehat.

Protein memperlambat proses pencernaan, sehingga penyerapan gula ke dalam darah akan lebih terkontrol.

Tahu rendah kalori dan lemak, namun tinggi protein dan nutrisi penting lainnya untuk menjaga kesehatan.

Dalam pola makan yang buruk, menambahkan tahu ke dalam makanan harian Anda dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Anda.

Tahu juga menyediakan mineral yang sering kali kurang dalam makanan, seperti kalsium, selenium, seng, dan zat besi.

Selain kaya protein, daging sapi juga mengandung vitamin dan mineral, serta zat besi yang penting bagi kesehatan tubuh manusia.

Zat besi berperan penting dalam mengangkut oksigen, mendorong pertumbuhan dan perkembangan, menjaga keseimbangan fungsi sel, produksi hormon, dan banyak proses penting lainnya dalam tubuh.

Namun kekurangan zat besi sering terjadi, terutama pada kelompok tertentu seperti ibu hamil dan orang dengan menstruasi berat.

Meski putih telur rendah kalori dan bebas lemak, namun perlu diingat bahwa kuning telur merupakan bagian telur yang paling banyak mengandung nutrisi, antara lain vitamin B12, zinc, zat besi, selenium, dan kolin.

Meskipun putih telur dapat membantu memenuhi kebutuhan protein pada pola makan rendah lemak, kebanyakan orang dapat memperoleh manfaat darinya sebagai bagian dari pola makan sehat.

Daging rusa tinggi protein dan mengandung banyak vitamin dan mineral penting seperti zat besi, selenium dan vitamin B12.

Dengan mengonsumsi satu porsi daging rusa sebanyak 3 ons, Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin B12 harian.

Vitamin ini penting untuk produksi sel darah merah, fungsi saraf, metabolisme tubuh dan proses sintesis DNA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *