Scroll untuk baca artikel
Lifestyle

12 Surat Pengunduran Diri Kerja dengan Berbagai Alasan, Begini Membuatnya

9
×

12 Surat Pengunduran Diri Kerja dengan Berbagai Alasan, Begini Membuatnya

Sebarkan artikel ini

Detik Tegal, Jakarta – Surat pengunduran diri atau biasa disebut dengan surat pengunduran diri merupakan sebuah dokumen formal yang digunakan untuk menyatakan niat seorang karyawan untuk mengundurkan diri. Surat ini biasanya disampaikan kepada atasan atau departemen Sumber Daya Manusia sebagai pemberitahuan resmi atas keputusan pengunduran diri.

Kutipan dari “Keberanian untuk Mengundurkan Diri!” Buku Aji Sukma dan Elisabeth Murni mengemukakan bahwa surat pengunduran diri juga memiliki tujuan lain, yakni menjaga hubungan baik dengan atasan dan perusahaan.

Ada banyak alasan mengapa seseorang mungkin mengajukan surat pengunduran diri. Beberapa alasan yang umum terjadi antara lain ingin mencari pekerjaan baru, melanjutkan pendidikan, fokus pada keluarga, alasan kesehatan, atau bahkan ingin menjadi wirausaha.

Apa pun alasannya, surat pengunduran diri harus ditulis dengan sopan dan profesional serta memuat informasi dasar seperti nama, jabatan, dan tanggal efektif pengunduran diri. Surat tersebut juga harus mengungkapkan rasa terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh perusahaan.

Menulis surat pengunduran diri membutuhkan struktur yang tepat. Susunan dasar surat pengunduran diri meliputi nama kota dan tanggal penulisan, nama dan alamat perusahaan, salam pembukaan, isi surat dan alasan pengunduran diri, tanggal efektif pengunduran diri, pengakuan, kata penutup dan tanda tangan.

Penting untuk memastikan bahwa surat tersebut ditulis dalam bahasa formal dan tidak mengandung kritik atau keluhan. Surat pengunduran diri yang baik dapat menunjukkan rasa hormat terhadap perusahaan dan membantu menjaga hubungan baik dengan atasan dan rekan kerja.

Selasa (5 Juli 2024), Liptan6.com mengulas lebih dalam contoh surat pengunduran diri karena berbagai alasan.

Saat menulis surat pengunduran diri, hal terpenting yang harus diingat adalah menjaga sikap profesional dan sopan. Surat pengunduran diri harus ditulis dengan bahasa yang jelas dan formal, mencantumkan tanggal efektif pengunduran diri, dan mengungkapkan rasa terima kasih atas kesempatan dan pengalaman yang diperoleh selama bekerja.

Selain itu, penting untuk memastikan bahwa surat tersebut mencerminkan apresiasi terhadap perusahaan dan tidak berisi kritik atau keluhan. Surat pengunduran diri merupakan langkah awal untuk mengakhiri hubungan kerja yang baik dan menjaga reputasi profesional.

Jakarta Selatan, 11 Maret 2024

Tiba

Sayang. Tuan/Nyonya Presiden

PT Lanjutkan pengembangan karir

Jl.Sudirman 12

Jakarta Selatan

Tertanda oleh:

Nama : Heru Plasetio

Alamat : Jl.Anggrek No.10, Jakarta Selatan

Judul Pekerjaan: Teknisi IT

Dengan surat ini saya bermaksud menyampaikan pengunduran diri saya kepada pihak PT. Lanjutkan karir Anda sebagai teknisi IT mulai 21 Maret 2024.

Saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak dan seluruh rekan-rekan di PT. Melanjutkan peluang pertumbuhan profesional dan pengalaman yang diperoleh bekerja di perusahaan ini. Saya berharap perusahaan terus berkembang dan sukses di masa depan.

Saya juga mohon maaf jika ada kesalahan atau hal-hal yang kurang menyenangkan selama periode ini. Saya berharap walaupun saya tidak lagi menjadi bagian dari perusahaan, saya tetap dapat menjaga hubungan baik yang telah terjalin.

Oleh karena itu, surat pengunduran diri ini saya tulis dengan penuh pengertian, tanpa ada tekanan dari pihak manapun.

Salam,

(tanda)

Heru Prasetyo 2. Contoh surat pengunduran diri karena perubahan pekerjaan

Jakarta Selatan, 11 Maret 2024

Tiba

Sayang. Tuan/Nyonya Presiden

PT Bekerja keras untuk maju bersama

Jl.Gato Subroto n.17

Jakarta Selatan

Tertanda oleh:

Nama : Siska Putri

Alamat: Melati No. 24, Jakarta Selatan

Peran: Staf administrasi

Dengan surat ini saya ingin menyatakan pengunduran diri saya dari PT. Usaha Maju Bersama akan menjabat sebagai direktur efektif 21 Maret 2024.

Saya sangat berterima kasih atas kesempatan dan bimbingan yang telah Anda berikan kepada saya selama saya berada di perusahaan ini. Pengalaman yang saya peroleh sangat berarti bagi karir saya kedepannya dan saya berharap kesuksesan selalu menyertai perusahaan.

Saya juga meminta maaf atas kesalahan atau ketidaknyamanan yang terjadi selama saya bersama perusahaan. Kami berharap hubungan baik kami terus berlanjut di masa depan.

Oleh karena itu surat pengunduran diri ini saya sampaikan dengan penuh kesadaran dan atas kemauan saya sendiri.

Salam,

(tanda)

Siska Putri

Dalam menulis surat pengunduran diri, apalagi jika berkaitan dengan alasan pekerjaan atau kesehatan, penting untuk menjaga profesionalisme dan rasa hormat terhadap perusahaan. Surat harus ditulis dengan bahasa yang jelas dan sopan serta menyebutkan alasan pengunduran diri secara singkat namun jelas.

Pastikan untuk menyebutkan tanggal efektif pengunduran diri Anda dan ucapkan terima kasih atas kesempatan bekerja di perusahaan tersebut. Hindari kritik atau keluhan yang tidak perlu dan pertahankan isi surat Anda tetap positif dan penuh hormat. Ini akan membantu Anda menjaga hubungan baik dengan perusahaan meskipun Anda tidak lagi bekerja di sana.

Malang, 1 Mei 2025

Sayang,

Direktur Personalia PT. Kira Maju

Oke

Salam,

Melalui surat ini saya selaku karyawan PT. Kiara Maju ingin mengajukan pengunduran dirinya sesuai dengan Surat Perjanjian Bersama (SKB) terkait ketenagakerjaan dan peraturan perundang-undangan ketenagakerjaan yang berlaku. Saya yang bertandatangan:

Nama : Ahmad Fikri

Departemen: Pemasaran

Peran: wakil direktur

TIDAK. Pribadi: 0987654

Mengajukan permohonan pengunduran diri PT. Kiara Maju, efektif tanggal 15 Mei 2025. Alasan saya berhenti dari pekerjaan saya adalah karena saya ingin menjadi seorang wirausaha dan mengejar impian saya untuk membangun bisnis sendiri.

Saya berharap perusahaan memahami keputusan saya dan saya bersyukur atas kesempatan yang diberikan kepada saya selama bekerja di sini. Saya juga berharap perusahaan terus berkembang dan sukses di masa depan.

Oleh karena itu, surat pengunduran diri ini saya tulis dengan itikad baik dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Saya berterima kasih kepada perusahaan atas perhatian dan dukungan yang diberikan kepada saya selama ini.

Salam,

(tanda)

Ahmad Fikri 4. Contoh surat pengunduran diri karena alasan kesehatan

Malang, 1 Mei 2025

Sayang,

Direktur Personalia PT. Kira Maju

Oke

Salam,

Saya seorang karyawan PT. Kiara Maju, ingin mengundurkan diri dari perusahaan karena alasan kesehatan. Sesuai dengan Undang-Undang Perundingan Bersama dan Ketenagakerjaan (SKB) yang berlaku, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Renee Saputra

Departemen Keuangan

Posisi: akuntan

TIDAK. Pribadi: 0234567

Laporan pengunduran diri saya berlaku mulai tanggal 15 Mei 2025. Alasan saya mengundurkan diri karena kesehatan saya menurun dan memerlukan perawatan intensif.

Saya sangat berharap perusahaan dapat memahami situasi saya dan mengakui hak-hak saya sebagaimana ditentukan. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada perusahaan atas dukungan dan bimbingannya selama saya bekerja.

Oleh karena itu, surat pengunduran diri ini saya tulis tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Terima kasih atas perhatian dan dukungan Anda yang tiada henti terhadap saya.

Salam,

(tanda)

Rini Saputra

Saat menulis surat pengunduran diri, terutama karena ingin berhenti atau karena alasan keluarga, penting untuk menjaga sikap profesional dan hormat kepada perusahaan. Pastikan untuk menyatakan dengan jelas dan sopan alasan pengunduran diri Anda dan mencantumkan tanggal efektif pengunduran diri Anda. Meski keputusan keluarnya murni bersifat pribadi, surat tersebut harus mencerminkan rasa terima kasih dan penghargaan terhadap perusahaan.

Jagalah bahasa Anda tetap formal dan hindari kritik yang tidak perlu. Oleh karena itu, surat pengunduran diri membantu menjaga hubungan baik dengan perusahaan, yang penting untuk karir masa depan dan reputasi profesional Anda.

Malang, 1 Mei 2025

Sayang,

Direktur Personalia PT. Kira Maju

Oke

Salam,

Saya sebagai karyawan PT. Kiara Maju ingin mengajukan pengunduran dirinya sesuai dengan Surat Perjanjian Bersama (SKB) terkait ketenagakerjaan dan peraturan perundang-undangan ketenagakerjaan yang berlaku. Saya yang bertandatangan:

Nama : Rudy Pratama

Departemen: Produksi

Judul Pekerjaan: Operator Mesin

TIDAK. Pribadi: 0234512

Berencana untuk mengajukan pengunduran diri Anda ke PT. Kiara terus berjalan karena dia hanya ingin berhenti dan mencari pengalaman baru. Pengunduran diri ini berlaku mulai tanggal 15 Mei 2025. Saya berharap pihak perusahaan dapat memahami keputusan saya dan mengakui hak-hak saya sesuai peraturan yang berlaku.

Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan dukungan yang Anda terima selama bekerja di perusahaan kami. Saya juga meminta maaf jika terjadi kesalahan atau hal-hal yang tidak menyenangkan di tempat kerja. Saya harap PT. Kiara Maju akan terus berkembang dan sukses di masa depan.

Oleh karena itu, surat pengunduran diri ini saya tulis dengan itikad baik dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Saya sangat berterima kasih atas perhatian dan dukungan perusahaan.

Salam,

(tanda)

Rudi Pratama 6. Contoh surat pengunduran diri karena alasan keluarga

Malang, 1 Mei 2025

Sayang,

Direktur Personalia PT. Kira Maju

Oke

Salam,

Melalui surat ini saya selaku karyawan PT. Kiara Maju ingin mengajukan pengunduran dirinya karena alasan keluarga. Sesuai dengan Undang-Undang Perundingan Bersama dan Ketenagakerjaan (SKB) yang berlaku, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Lidia Ananda

Departemen: Penjualan

Posisi: Penjual

TIDAK. Pribadi: 0456789

Surat pengunduran diri telah diajukan dengan tanggal efektif 15 Mei 2025. Alasan saya keluar dari pekerjaan adalah karena saya perlu lebih fokus pada keluarga dan membantu orang tua saya di rumah. Saya berharap pihak perusahaan dapat memahami keputusan ini dan memberikan hak sesuai aturan.

Saya bersyukur atas kesempatan dan pengalaman yang saya dapatkan selama bekerja di PT. Kira Penyerang. Saya juga meminta maaf jika terjadi sesuatu yang tidak menyenangkan di tempat kerja. Saya berharap perusahaan terus sukses di masa depan dan berharap dapat menjaga hubungan baik dengan rekan-rekan saya di sini.

Oleh karena itu, surat pengunduran diri ini saya tulis dengan itikad baik dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Saya mengucapkan terima kasih kepada perusahaan atas perhatian dan dukungannya selama saya bekerja.

Salam,

(tanda)

Lidia Ananda

Surat pengunduran diri merupakan dokumen formal yang menyatakan kesediaan karyawan untuk mengundurkan diri. Saat menulis surat pengunduran diri, penting untuk menjaga profesionalisme dan kesopanan. Surat tersebut harus memuat informasi dasar seperti nama, jabatan, alasan pengunduran diri, dan tanggal efektif pengunduran diri.

Ucapkan terima kasih juga atas kesempatan dan pengalaman yang diberikan perusahaan kepada Anda. Pastikan surat pengunduran diri tidak memuat kritik atau keluhan dan menyatakan bahwa keputusan diambil dengan sepengetahuan penuh dan tanpa paksaan dari pihak manapun. Hal ini membantu menjaga hubungan baik dengan perusahaan dan rekan kerja di masa depan.

Jakarta, 1 Desember 2025

Sayang,

Manajer Sumber Daya Manusia PT. Bank Sentosa

Oke

Salam,

Melalui surat ini saya selaku karyawan PT. Bank Sentosa ingin menyampaikan pengunduran diri Anda sesuai dengan Surat Perjanjian Bersama (SKB) terkait ketenagakerjaan dan peraturan ketenagakerjaan yang berlaku. Saya yang bertandatangan:

Nama : Budi Setiawan

Departemen: Layanan Pelanggan

Peran: kasir

TIDAK. Jumlah karyawan: 123456

Berencana untuk mengajukan pengunduran diri Anda ke PT. Bank Sentosa efektif 15 Desember 2025. Alasan saya mengundurkan diri karena ingin melanjutkan pendidikan di bidang keuangan. Diharapkan pihak perusahaan memahami keputusan tersebut dan memberikan hak sesuai ketentuan yang berlaku.

Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan pengalaman yang saya peroleh bekerja di sini. Saya juga meminta maaf jika terjadi kesalahan atau hal-hal yang tidak menyenangkan di tempat kerja. Saya harap PT. Bank Sentosa akan terus tumbuh dan sukses di masa depan.

Oleh karena itu, surat pengunduran diri ini saya tulis dengan itikad baik dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Terima kasih atas perhatian dan dukungan yang diberikan kepada saya selama saya bekerja di sini.

Salam,

(tanda)

Budi Setiawan 8. Contoh surat pengunduran diri dari pabrik

Jakarta, 1 Desember 2025

Sayang,

Manajer Sumber Daya Manusia PT

Oke

Salam,

Saya sebagai karyawan PT. Mulia Industri ingin mengajukan pengunduran diri kepada perusahaan. Sesuai dengan Undang-Undang Perundingan Bersama dan Ketenagakerjaan (SKB) yang berlaku, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Andy Pratama

Departemen: Produksi

Judul Pekerjaan: Operator Mesin

TIDAK. Jumlah karyawan: 789012

Diusulkan untuk mengajukan pengunduran diri saya, efektif tanggal 15 Desember 2025. Alasan saya mengundurkan diri adalah karena saya ingin kembali ke kampung halaman untuk menghidupi keluarga. Diharapkan pihak perusahaan memahami keputusan tersebut dan memberikan hak sesuai ketentuan yang berlaku.

Terima kasih PT yang telah memberikan saya kesempatan dan pengalaman. Saat saya bekerja di sini, Mulia Industri. Saya juga meminta maaf jika terjadi kesalahan atau hal-hal yang tidak menyenangkan di tempat kerja. Kami berharap perusahaan terus sukses dan berkembang di masa depan.

Oleh karena itu, surat pengunduran diri ini saya tulis dengan sepengetahuan penuh dan tanpa paksaan dari pihak manapun. Saya berterima kasih kepada perusahaan atas perhatian dan dukungan yang diberikan kepada saya selama saya bekerja.

Salam,

(tanda)

Andy Pratama

Dalam menulis surat pengunduran diri, terutama dari suatu yayasan pendidikan atau sebagai guru yang ingin berganti pekerjaan, penting untuk menunjukkan sikap profesional dan menjaga hubungan baik dengan lembaga atau yayasan tersebut. Surat pengunduran diri harus memuat informasi dasar seperti nama, jabatan, alasan pengunduran diri, dan ucapan terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh sekolah atau yayasan serta pengalaman yang didapat.

Pertahankan bahasa formal dan sopan dan tunjukkan tanggal efektif pengunduran diri Anda. Dengan mengungkapkan apresiasi Anda terhadap organisasi dan menyatakan alasan Anda secara jelas, Anda dapat memastikan bahwa proses pengunduran diri berjalan lancar dan reputasi profesional Anda tetap terjaga.

Jakarta, 1 Mei 2025

Sayang,

Presiden Yayasan Sekolah Aliansi Harapan

Oke

Salam,

Bersama ini saya selaku pegawai Yayasan Sekolah Pakatan Harapan dengan hormat mengajukan pengunduran diri sesuai dengan Surat Perjanjian Bersama (SKB) tentang ketenagakerjaan dan peraturan ketenagakerjaan yang berlaku. Saya yang bertandatangan:

Nama : Lina Ulandari

Departemen: Administrasi

Posisi: N. Manajer. Jumlah Karyawan: 123456

Saya bermaksud mengajukan pengunduran diri saya kepada Yayasan Sekolah Harapan Bangsa efektif tanggal 15 Mei 2025. Alasan saya mengundurkan diri karena ingin melanjutkan studi di bidang pendidikan. Saya berharap pihak yayasan dapat memahami keputusan ini dan memberikan hak sesuai aturan.

Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Hope Alliance Schools Foundation atas kesempatan dan dukungan yang diberikan selama saya berada di sini. Saya juga meminta maaf jika terjadi kesalahan atau hal-hal yang tidak menyenangkan di tempat kerja. Saya berharap yayasan dan sekolah dapat terus berkembang dan memberi manfaat kepada lebih banyak orang.

Oleh karena itu, surat pengunduran diri ini saya tulis dengan sepengetahuan penuh dan tanpa paksaan dari pihak manapun. Terima kasih atas minat dan dukungan Anda.

Salam,

(tanda)

Rina Wulandari 10. Contoh surat pengunduran diri guru yang mengundurkan diri karena berganti pekerjaan

Jakarta, 1 Mei 2025

Sayang,

Kepala sekolah menengah melanjutkan

Oke

Salam,

Melalui surat ini, sebagai seorang guru SMA, saya ingin mengundurkan diri dari jabatan saya saat ini. Sesuai dengan Undang-Undang Perundingan Bersama dan Ketenagakerjaan (SKB) yang berlaku, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Budi Rahaja

Departemen: Pengajaran

Posisi: Guru matematika

TIDAK. Jumlah karyawan: 789012

Beliau berniat mengundurkan diri dari SMP Lanjut Maju efektif tanggal 15 Mei 2025. Alasan saya mengundurkan diri karena akan pindah ke sekolah lain. Saya berharap pihak sekolah dapat memahami keputusan ini dan memberikan hak sesuai peraturan.

Saya mengucapkan terima kasih kepada SMP Continuous Advancing atas kesempatan dan pengalaman yang telah diberikan kepada saya selama saya berada di sini. Saya juga meminta maaf jika terjadi kesalahan atau hal-hal yang tidak menyenangkan di tempat kerja. Saya berharap sekolah dapat terus berkembang dan memberikan pendidikan terbaik kepada siswanya.

Oleh karena itu, surat pengunduran diri ini saya tulis dengan sepengetahuan penuh dan tanpa paksaan dari pihak manapun. Terima kasih kepada pihak sekolah atas perhatian dan dukungannya.

Salam,

(tanda)

Budi Rahaja

Dalam menulis surat pengunduran diri, terutama dari rumah sakit atau universitas, penting untuk menjaga profesionalisme dan kesopanan. Surat tersebut harus memuat informasi dasar seperti nama, jabatan dan alasan pengunduran diri dalam bahasa yang jelas dan formal.

Pastikan untuk menyebutkan tanggal efektif pengunduran diri Anda dan ucapkan terima kasih atas kesempatan dan pengalaman yang diperoleh. Jika tidak, usahakan untuk tidak menyertakan kritik atau keluhan dan nyatakan bahwa Anda menulis surat tersebut atas kemauan Anda sendiri dan tidak di bawah paksaan. Ini akan membantu Anda menjaga hubungan baik dengan agensi dan kolega meskipun Anda tidak lagi bekerja di sana.

Jakarta, 1 April 2026

Sayang,

Direktur Sumber Daya Manusia, Rumah Sakit Sehat, Sentosa

Oke

Salam,

Dengan surat ini saya mengundurkan diri dari jabatan saya sebagai pegawai Rumah Sakit Sentosa Sentosa. Sesuai dengan Undang-Undang Perundingan Bersama dan Ketenagakerjaan (SKB) yang berlaku, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Andy Wijaya

Departemen: Ruang Gawat Darurat (IGD)

Gelar profesional: Perawat

TIDAK. Jumlah karyawan: 9876543

Surat pengunduran diri telah diserahkan ke Sentosa Hospital, Sentosa, efektif tanggal 15 April 2026. Alasan saya mengundurkan diri karena ingin mencari tantangan baru di luar rumah sakit. Saya berharap pihak rumah sakit dapat memahami keputusan saya dan mengakui hak saya sesuai peraturan.

Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Rumah Sakit Sentosa atas kesempatan dan dukungan yang diberikan kepada saya sepanjang karir saya. Saya juga meminta maaf jika terjadi kesalahan atau hal-hal yang tidak menyenangkan di tempat kerja. Harapannya, rumah sakit tetap jaya dan mampu memberikan pelayanan medis terbaik kepada masyarakat.

Oleh karena itu, surat pengunduran diri ini saya tulis tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Terima kasih atas perhatian dan dukungannya.

Salam,

(tanda)

Andi Wijaya 12. Contoh Surat Pengunduran Diri Perguruan Tinggi

Jakarta, 1 April 2026

Sayang,

Presiden universitas teknologi besar

Oke

Salam,

Sebagai pegawai Universitas Teknologi Maju, saya bersedia mengundurkan diri dari jabatan saya saat ini. Sesuai dengan Undang-Undang Perundingan Bersama dan Ketenagakerjaan (SKB) yang berlaku, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Dinda Sari

Jurusan: Fakultas Ilmu Komputer

Profesor

TIDAK. Jumlah karyawan: 7654321

Diusulkan untuk mengajukan surat pengunduran diri ke Universitas Teknologi Maju efektif tanggal 15 April 2026. Alasan saya mengundurkan diri karena ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Saya berharap sekolah dapat memahami keputusan saya dan mengakui hak-hak saya sesuai dengan hukum.

Saya bersyukur atas kesempatan dan pengalaman yang diberikan Universitas Teknologi Maju kepada saya selama bekerja di sini. Saya juga meminta maaf jika terjadi sesuatu yang tidak menyenangkan di tempat kerja. Saya berharap sekolah terus berkembang dan memberikan kontribusi yang lebih besar dalam dunia pendidikan.

Oleh karena itu, surat pengunduran diri ini saya tulis dengan sepengetahuan penuh dan tanpa paksaan dari pihak manapun. Terima kasih atas perhatian dan dukungannya.

Salam,

(tanda)

Dinda sari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *