Scroll untuk baca artikel
Edukasi

5 Kesengsaraan Para Ahli Neraka, Siap-siap Bagi Kamu Pendosa!

10
×

5 Kesengsaraan Para Ahli Neraka, Siap-siap Bagi Kamu Pendosa!

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Perbuatan yang dilakukan manusia selama hidup di bumi akan mendapat pahala. Perbuatan baik akan dibalas di surga, dan perbuatan buruk akan dibalas dengan siksa yang berat dan kekal di neraka.

Merujuk Ensiklopedia Al-Qur’an: Kata-kata Sahabuddin, Al-Qur’an tempat terjadinya kesusahan di akhirat digambarkan dengan kata al-Naar yang mempunyai dua arti. Yang pertama adalah Api Neraka yang dapat dipahami dari surat Al-Baqarah ayat 174:

…sebenarnya bukan dimakan (tidak ditelan) perutnya melainkan apinya…

Berikutnya, yang kedua adalah neraka. Hal ini dapat dipahami dalam surat Al-Baqarah ayat 39:

Artinya: Orang-orang yang kafir dan mengabaikan ayat-ayatku adalah penghuni neraka. Mereka tinggal. Masalah orang-orang di neraka

Neraka merupakan tempat yang sangat mengerikan dimana Allah SWT menghukum umatnya atas dosa-dosa yang mereka lakukan selama hidup di bumi. Menurut buku “Neraka dan Penghuninya” yang ditulis oleh Ulfa Qomariyah, diantara permasalahan yang akan dihadapi oleh penghuni Neraka:

Orang yang tinggal di neraka tidak akan mendapat makanan selain darah dan nanah, sesuai perintah Allah SWT dalam surat Al-Haqqah ayat 36-37:

Artinya: mereka tidak akan diberi makanan selain darah tinggi dan nanah yang merusak lambung.

Minuman neraka itu berupa air panas dan air yang sangat panas, dan tidak ada udara yang dingin, sebagaimana disebutkan dalam surat Al-Hajj ayat 9.

Artinya: (Yaitu) orang-orang kafir yang menghalangi (orang lain) dari jalan Allah dan menghalangi mereka memasuki jalan itu. dan di akhirat mereka pantas mendapatkan siksa yang berat”.

Api Neroko sangat dahsyat hingga tujuh kali lebih panas dari api dunia.

Pakaian penghuni Neraka adalah Neraka Neraka, sebagaimana disebutkan dalam Surat Ibrahim ayat 50:

Artinya: Pakaiannya terbuat dari aspal dan api menutupi wajahnya.” Siksaan ringan bagi ahli neraka

Jika mereka menaruh bara api dalam pikiran mereka, mereka merasa tidak ada seorang pun yang lebih buruk dari mereka, bahkan hukuman yang paling ringan sekalipun.

Ada juga yang disiksa dengan bara api sampai mata kaki, ada yang sampai ke lutut, ada yang sampai ke pinggang, dan ada yang sampai ke bahu.

Hal ini berdasarkan ciri-ciri hadis yang diriwayatkan oleh Numan bin Basy r.a. dia berkata:

“Hukuman yang paling mudah bagi penghuni Neraka adalah orang yang memakai sepatu yang terbuat dari api, kemudian pikirannya mendidih seperti air mendidih, kemudian orang itu merasa hukumannya paling pedih, padahal dia menerima hukuman tersebut. azab Penghuni Neraka (HR Muslim) 3. Perbuatan Hukuman

Siksaan para ulama di neraka sesuai dengan amal shaleh yang mereka kerjakan semasa di dunia. Menurut riwayat Abu Hurairah r.a., dia berkata:

“Ketika Ya’umal Qiyaamah datang, keluarlah ruh bernama Huraysh bin Kala dari Neraka, dan tubuhnya sepanjang Langit dan Bumi, dan lebarnya sama dengan Kutub Barat-Timur. Malaikat Jibril bertanya, “Haidat pergi ke Huraisy? Dia menjawab:- Saya akan pergi ke ladang yang luas. ‘Untuk menemukan seseorang?’ Jibril Huraysy bertanya dan menjawab, Saya mencari lima tipe orang.

Menurut hadis ini, 5 tipe yang dicari Huraisy adalah orang-orang yang melalaikan shalat, orang-orang yang tidak menunaikan zakat, orang-orang yang meminum minuman beralkohol, orang-orang yang mengkonsumsi riba, dan orang-orang yang membicarakan urusan duniawi di masjid.

Kemudian Hureysy mengumpulkan semua yang ada di mulutnya untuk kembali ke neraka.

Ada banyak ayat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang hukuman yang akan menjadi pahala bagi orang yang berbuat jahat. Dalam surat Al-Gasyayah ayat 2-7 dijelaskan bahwa kerabat api akan diberi air dari sumber air panas dan makanan dari pohon yang berduri yang tidak dapat memuaskan rasa lapar.

“Pada hari itu banyak sekali orang-orang yang terhina, karena mereka berusaha menghindari siksa neraka, dan mereka merasa sulitnya ditangkap dan masuk api neraka, dan mereka diberi air dari mata air yang sangat mendidih, tidak ada makanan. 4. 4. 4. Permintaan ahli Dunia Bawah tidak diterima

Allah SWT tidak akan menerima permintaan penghuni neraka, di antaranya permintaan untuk kembali ke dunia dan menjanjikan hal-hal yang baik. Sebagaimana tertulis dalam surat Fatir ayat 37 yang artinya.

Mereka berseru dalam api itu, “Ya Tuhan, selamatkan aku, dan aku akan melakukan perbuatan baik yang berbeda dari apa yang telah kulakukan.”

5. Mereka menjawab, “Bukankah aku harus memperpanjang umurmu untukmu? Renungkanlah orang-orang yang ingin diberi teguran, namun rasakan azabku dan tidak ada pertolongan bagi mereka.” Kirim mereka ke Api Neraka

Ketika sampai di api neraka, penglihatan, pendengaran, mulut, tangan dan kakinya akan menjadi saksi atas segala perbuatannya selama di dunia.

Ketika musuh-musuh Allah SWT digiring ke neraka, mukanya menjadi gelap, hatinya takut, gemetar, dan mulutnya tertutup.

Allah SWT telah memasukkan manusia ke dalam neraka menurut surat Fussilat ayat 19, dan beginilah adanya.

Artinya: (Ingatlah) hari dimana musuh-musuh Allah dimasukkan ke dalam Neraka kemudian mereka dipisahkan. Tips menjaga kesehatan usus, kesehatan sistem pencernaan, dan meningkatkan kesehatan mental Para ahli nutrisi telah membeberkan tips menjaga kesehatan usus, mulai dari mengonsumsi makanan kaya serat setiap hari hingga menghindari makan besar 3 jam sebelum tidur. detiktegal.co.id 2 Mei 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *