Scroll untuk baca artikel
Lifestyle

6 Rekomendasi Destinasi Wisata di Solo yang Cocok Buat Isi Liburan Lebaran Bersama Keluarga

25
×

6 Rekomendasi Destinasi Wisata di Solo yang Cocok Buat Isi Liburan Lebaran Bersama Keluarga

Sebarkan artikel ini

Detik Tegal, Jakarta – Kota Solo alias Surakarta menjadi salah satu tujuan wisatawan saat musim libur Lebaran 2024. Tempat kelahiran Presiden Joko Widodo yang kaya akan sejarah dan budaya ini kerap menjadi tujuan wisata para wisatawan. wisatawan lokal dan mancanegara, bahkan di luar Idul Fitri.

Kota di wilayah Jawa Tengah ini tidak hanya menawarkan wisata sejarah dan budaya saja, namun juga menawarkan wisata alam dan wisata kuliner yang mampu memuaskan perut dan lidah Anda. Solo juga dikenal sebagai kota ramah wisata.

Jadi, tak ada salahnya memanfaatkan momen lebaran ini untuk mendekatkan hubungan kekeluargaan dengan berlibur bersama. Berikut saran destinasi wisata yang cocok dikunjungi untuk melengkapi liburan lebaran bersama keluarga.

1. Lokananta

Tak hanya Jakarta yang punya M-Bloc dan Pos-Bloc, Solo juga punya ruang kreatif yang berdiri di atas bangunan cagar budaya yakni Lokananta. Bekas studio rekaman musik yang dulu dikenal terbesar di Asia Tenggara ini menawarkan beragam aktivitas menyenangkan dan menenangkan bagi pengunjung, mulai dari menonton konser, menikmati atraksi seni dan budaya, mengunjungi pertunjukan musik, membeli vinyl dan memorabilia musik, hingga jalan-jalan. dari kafe-kafe yang tersedia, atau sekadar bersantai menikmati malam di amfiteater Lokananta.

Tiket masuknya gratis dan dikenakan biaya Rp 25 ribu jika ingin masuk melihat pertunjukan. Jam buka tempat ini adalah mulai pukul 10.00-22.00 WIB.

Letaknya di pusat Kota Solo dan hanya berjarak sekitar 5 km dari Stasiun Solo Balapan. Lokananta terletak di Jalan Ahmad Yani nomor 379 A, ​​​​Kerten, Laweyan, Solo. Anda dapat mencapai tempat ini dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum yang tersedia.

De Tjolomadoe terletak di Jalan Adi Sucipto No. 1 Malangjiwan, Colomadu, Karanganyar atau sekitar 10 km dari Stasiun Solo Balapan. De Tjolomadoe berdiri di atas bekas bangunan gula kolonial dengan arsitektur Indische dari abad ke-19.

Tempat wisata ini menawarkan berbagai aktivitas seperti menjelajahi museum yang menyimpan mesin-mesin tua pabrik gula atau berfoto dengan panorama yang indah. Pengunjung juga bisa bersantai sambil menikmati hidangan di Besali Cafe yang berada di dalam gedung pabrik atau menonton pertunjukan di aula De Tjolomadoe.

Harga tiketnya Rp 40 ribu untuk pengunjung dewasa dan Rp 30 ribu untuk pelajar. Jam buka tour ini dimulai pada pukul 10.00-17.00 WIB.

3. Resor Baluwarti

Tempat wisata ini terletak tepat di luar tembok kawasan Keraton Surakarta Hadiningrat, tepatnya di Jalan Sidikoro, Baluwarti, Kecamatan Pasarkliwon, Surakarta. Kota ini menawarkan beragam aktivitas budaya yang kurang menyenangkan.

Situs resmi kota wisata, wisatabaluwarti.com, Selasa 2 April 2024, di kota ini wisatawan dapat mengikuti kelas memasak jawa, workshop tari atau gamelan, membatik, mengenakan pakaian jawa, belajar keris jawa, dan melihat-lihat proses pembuatan jamu tradisional. Harga tiketnya tergantung kegiatan yang diikuti dan bisa dicek di Instagram resmi @kampungwisatabaluwarti.

Taman yang dulunya difungsikan sebagai tempat wisata khusus keluarga Pura Mangkunegaran ini kini dibuka untuk semua orang yang berkunjung ke Solo. Tempatnya berada di Jalan Balekambang No.1, Manahan, Desa Banjarsari, Surakarta atau hanya berjarak 2 km dari Stasiun Solo Balapan.

KGPAA Mangkunegara VII membangun taman ini pada tahun 1921 sebagai bentuk penghormatan terhadap putrinya, GRAy. Partina dan Grey. go Di taman ini terdapat beberapa tempat menarik seperti Water Park, Bale Apung, Bale Tirtayasa, dan Hutan Partinah.

Masuk ke taman ini sepenuhnya gratis alias gratis. Jam buka mulai pukul 07.00-17.00 WIB.

5. Kebun Teh Kemuning

Jika Anda lebih menyukai wisata alam outdoor dan jauh dari hiruk pikuk kota, Anda bisa mencoba berwisata ke Kebun Teh Kemuning yang terletak di Jalan Sumbersari, Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, tepat di lereng timur gunung. Hukum

Jarak tempat ini ke pusat kota Solo memang lumayan, namun rasa lelah Anda akan terbayar setelah melihat pemandangan indah di ketinggian sekitar 1000 meter di atas permukaan laut. Di tempat wisata ini pengunjung dapat menikmati keindahan perkebunan teh Kemuning dengan berjalan kaki, bersepeda atau menaiki mobil jeep.

Kawasan ini juga memiliki spot foto menarik bernama Bukit Teletubbies. Wisatawan juga dapat mengunjungi Jembatan Kaca dan Rumah Teh Ndoro Donker yang bersejarah. Tiket masuk kawasan perkebunan teh ini dipatok sebesar Rp10 ribu per orang, baik di akhir pekan maupun hari kerja. Jam operasional tour dimulai pukul 08.00-16.00 WIB.

Kurang baik jika Anda ke Solo namun tidak mengunjungi destinasi ini. Candi Mangkunegaran yang indah dan bersejarah ini terletak di Jalan Ronggowarsito, Kota Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta atau hanya berjarak 2 km dari Stasiun Solo Balapan.

Pura Adipati Mangkunegara menawarkan beberapa tempat budaya dan kuliner yang bisa dikunjungi wisatawan, seperti mengunjungi museum, berlatih tari tradisional di Anjungan, berjalan-jalan mengelilingi pura yang indah sambil mengambil foto-foto asyik, serta makan dan bersantai di restoran mewah Pracima Tuin. Untuk tempat terakhir harus melakukan reservasi terlebih dahulu karena banyak orang yang ingin makan disana.

Tiket masuk Candi Mangkunegaran dibanderol dengan harga Rp 20 ribu untuk wisatawan lokal dan Rp 40 ribu untuk wisatawan mancanegara. Destinasi wisata ini buka mulai pukul 09.00-15.00 WIB.

Berdasarkan laman bisnis Detik Tegal, diperkirakan terdapat 4,4 juta orang yang melakukan perjalanan udara selama Idul Fitri 2024. Dari total 4,4 juta orang tersebut, pelaku perjalanan dalam negeri diperkirakan mencapai 3,6 juta orang dengan rata-rata penumpang harian sebanyak 224.650 orang atau meningkat sebesar 9 persen dibandingkan tahun 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *