Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

9 Makanan Mentah yang Wajib Dihindari Ibu Hamil, Jangan Sampai Kayak Vior Ada Virus Hidup di Otak!

9
×

9 Makanan Mentah yang Wajib Dihindari Ibu Hamil, Jangan Sampai Kayak Vior Ada Virus Hidup di Otak!

Sebarkan artikel ini

Suara.com – Aktris cantik Nita Veor mengungkap bukti bahwa dirinya memiliki virus hidup di otaknya sejak ia masih dalam kandungan. Dalam podcast bersama Raditja Dika, ia mengatakan virus tersebut menyerang kehamilannya karena ibunya mengonsumsi makanan mentah saat hamil.

“Jadi saat ibuku hamil, dia selalu makan makanan mentah untuk makan makanan sehat. Dia tahu ada lebih banyak virus, jadi virus itu masuk ke perutnya. Jadi saya dalam kandungan, ibu saya makan virusnya, virusnya masuk ke janin,” kata Weor, Minggu (4/5/2024).

Saat hamil, Anda tidak boleh mengonsumsi makanan apa pun, apalagi makanan mentah. Menurut Medicine Online, makanan mentah dapat menyebabkan stres dan infeksi yang menular ke janin. Akibatnya, kehamilan bisa berujung pada keguguran, kelahiran prematur, bahkan cacat lahir.

Tak hanya itu, ada juga makanan mentah tertentu yang sebaiknya dihindari selama hamil demi keselamatan janin. Beberapa makanan mentah yang harus dihindari antara lain:

1. Daging merah

Daging sapi, kambing, domba atau unggas lainnya yang kurang matang harus dihindari. Pasalnya, ada risiko tinggi munculnya E. coli dan penggumpalan racun di dalam rahim yang berbahaya bagi janin. Oleh karena itu, makanan ini harus dihindari secara ketat. Daging merah, daging mentah. (Stok Shutterstock)

2. Telur mentah

Jangan mengonsumsi makanan yang mengandung telur mentah selama hamil. Hal ini dapat memicu penyebaran bakteri salmonella di dalam rahim ke janin. Oleh karena itu, telur mentah sebaiknya dihindari.

3.Sushi

Ibu hamil juga disarankan untuk tidak makan sushi. Makanan khas Jepang ini berisiko terkontaminasi bakteri vibrio vulnificus yang merupakan faktor risiko infeksi saat hamil. Gambar cangkang (Unsplash/jaime sanders)

4. Kerang

Makan kerang mentah juga bisa menimbulkan masalah. Kerang memiliki risiko lebih tinggi terkena E. coli dan salmonella.

5. Daging kering

Hal lain yang sebaiknya dihindari ibu hamil adalah daging dingin. Pasalnya, daging tersebut berisiko terkontaminasi parasit beracun yang berbahaya bagi kesehatan bayi. Susu sapi mentah. (Stok Shutterstock)

6. Susu mentah

Susu yang tidak terpakai berisiko mencemari menu sehingga berdampak pada kesehatan ibu hamil. Oleh karena itu, konsumsi harus dihindari.

7. Keju

Keju yang tidak dipasteurisasi juga berisiko menyebabkan masalah pada kehamilan. Hal ini juga dapat menyebabkan keracunan makanan pada ibu selama kehamilan. Gambar kecambah kacang (Shutterstock/inewsfoto)

8. Rumput mentah

Makanan lain yang disarankan untuk dihindari adalah rumput mentah. Hal ini dikarenakan rumput mentah mengandung segala jenis bakteri yang dapat menyebabkan masalah pada kehamilan.

9. Seledri dan daun bawang

Seledri atau selada mentah berisiko terkontaminasi E.coli dan salmon. Untuk itu, hindari mengonsumsi kedua makanan ini secara mentah saat hamil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *