Scroll untuk baca artikel
Lifestyle

Apa Manfaat Minum Air Rebusan Kunyit? Ini 10 Khasiat yang Jarang Diketahui

9
×

Apa Manfaat Minum Air Rebusan Kunyit? Ini 10 Khasiat yang Jarang Diketahui

Sebarkan artikel ini

JAKARTA – Minum air rebusan kunyit memiliki banyak manfaat bagi kesehatan yang dibuktikan oleh penelitian. Manfaat ini berasal dari bahan aktif kunyit yaitu kurkumin yang memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, dan antimikroba.

Air rebusan kunyit telah lama digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Mulai dari meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi liver hingga membantu mengatasi radang sendi. Tidak ada anjuran khusus konsumsi kunyit sehari-hari. Berdasarkan penelitian yang ada, dosis harian yang direkomendasikan sangat bergantung pada kondisi yang ingin diobati seseorang.

Sebagian besar penelitian pada orang dewasa mendukung penggunaan aman 400-600 mg bubuk kunyit murni tiga kali sehari. Secara umum, penelitian menunjukkan bahwa dosis kunyit 4.000-8.000 mg per hari, atau bahkan hingga 12.000 mg per hari, aman. Memarut kunyit sendiri adalah cara terbaik untuk memastikan kemurnian produk.

Apa manfaat minum air rebusan kunyit?

Berikut daftar manfaat meminum air rebusan kunyit, seperti dilansir Medical News hari ini, Rabu (15/5/2024).

1. Mengurangi gejala radang sendi

Sebagai anti inflamasi, kunyit dapat membantu mengurangi gejala radang sendi yang paling parah. Sebuah studi pada tahun 2017 menemukan bahwa dari 206 orang dewasa di Amerika Serikat yang melaporkan dirinya menderita rheumatoid arthritis, 63 persen menggunakan suplemen bebas vitamin untuk mengatasi gejalanya, dan kunyit menjadi produk yang paling populer.

2. Meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh

Menurut penelitian, kunyit dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dengan sifat antioksidan, antiinflamasi, antivirus, dan antibakteri. Studi juga menunjukkan bahwa kunyit bertindak sebagai imunomodulator, membantu mengatur aktivitas sel kekebalan yang melawan kanker.

3. Membantu mengurangi komplikasi kardiovaskular

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kunyit memiliki khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan jantung karena bertindak sebagai antioksidan dan anti-inflamasi. Studi menunjukkan bahwa kunyit dapat membantu mengencerkan darah, menurunkan kolesterol, dan mencegah penyempitan pembuluh darah.

Ini dapat memberikan lapisan perlindungan terhadap berbagai masalah kardiovaskular. Selain itu, dapat membantu mengurangi efek samping berbagai jenis kerusakan jantung.

4. Pencegahan dan pengobatan kanker

Salah satu khasiat obat kunyit yang paling terbukti secara klinis adalah efek antikankernya. Sebagai antioksidan dan anti inflamasi, kunyit dapat mengurangi risiko kerusakan sel-sel tubuh, mengurangi risiko mutasi sel dan kanker.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *