Scroll untuk baca artikel
Teknologi

Apple Hadirkan Fitur Repair State Mode di iOS 17.5, Apa itu?

13
×

Apple Hadirkan Fitur Repair State Mode di iOS 17.5, Apa itu?

Sebarkan artikel ini

Detik Tegal, Jakarta – Apple akan memperkenalkan fitur baru yang memudahkan pengguna saat ingin memperbaiki iPhone di iOS 17.5.

Fitur ini memudahkan pengguna yang ingin memperbaiki iPhone di Apple Store atau layanan resmi Apple lainnya.

Hingga saat ini, ketika pengguna ingin iPhone mereka diperbaiki di pusat perbaikan resmi Apple, mereka harus menonaktifkan Find My First. Dengan menonaktifkan fitur ini, Apple akan mengetahui bahwa iPhone yang diperbaiki bukanlah ponsel curian.

Namun, proses ini menjadi sedikit lebih rumit sejak fitur anti maling diperkenalkan di iOS 17.3.

Fitur ini menambahkan waktu tunda untuk mengatur pengaturan sensitif, termasuk mengubah pengaturan di Temukan Saya.

Meski demi alasan keamanan, beberapa pengguna merasa tidak nyaman harus menunggu satu jam di Apple Store atau Pusat Layanan Resmi Apple sebelum mematikan fitur tersebut.

Kini Apple akan memperkenalkan fitur Repair State Mode yang ditambahkan di iOS 17.5 beta. Mengutip GizChina, Jumat (3/5/2024), fitur tersebut memungkinkan pengguna mengonfirmasi akan mengirim iPhone untuk diperbaiki dengan memasukkan ID Apple dan kata sandi.

Dengan cara ini, teknisi iPhone dapat mengonfirmasi bahwa orang tersebut adalah pemilik iPhone dan kemudian melanjutkan perbaikan tanpa harus mematikan Perlindungan Perangkat yang Dicuri dan Temukan Saya.

Saat mode perbaikan diaktifkan, iPhone akan menampilkan status “Siap untuk diperbaiki” yang menandakan bahwa iPhone siap untuk diperbaiki disertai dengan notifikasi “perangkat tetap berfungsi penuh” yang menandakan bahwa iPhone akan tetap berfungsi normal.

Hal ini memastikan bahwa pengguna dapat terus melacak dan menemukan lokasi perangkat mereka menggunakan aplikasi Cari Milik Saya, bahkan saat iPhone sedang diperbaiki.

Fitur perbaikan saat ini hanya tersedia untuk iPhone dan tidak dapat ditemukan di perangkat Apple lain seperti iPad atau Mac.

Perhatikan bahwa saat ini tidak ada cara yang jelas untuk menonaktifkan mode perbaikan. Ini karena Apple tidak menambahkan opsi ini dalam versi beta, atau karena hanya teknisi Apple yang dapat mengonfirmasi bahwa perbaikan telah selesai dan kemudian menghapus perangkat dari fungsi ini.

Pengenalan Mode Perbaikan di iOS 17.5 membawa banyak manfaat bagi pengguna Apple, antara lain: Peningkatan Kenyamanan: Pengguna tidak perlu lagi mengingat untuk mematikan Temukan iPhone Saya sebelum mengirim perangkatnya untuk diperbaiki. Ini menghilangkan kerumitan menunggu satu jam untuk menyiapkan anti-pencurian. Keamanan yang ditingkatkan: Dengan tetap mengaktifkan Cari iPhone Saya dan Kunci Aktivasi, pengguna dapat memastikan perangkat mereka tetap terlindungi dari pencurian atau akses tidak sah. Proses perbaikan yang disederhanakan: Mode perbaikan menyederhanakan proses perbaikan untuk pengguna dan teknisi Apple. Teknisi kini dapat mengonfirmasi kepemilikan pengguna atas perangkat dan melanjutkan perbaikan tanpa memerlukan langkah tambahan.

Meskipun Mode Perbaikan merupakan tambahan yang disambut baik, ada beberapa potensi keterbatasan dan kekhawatiran yang harus diwaspadai pengguna: Kurangnya opsi untuk menonaktifkan Mode Perbaikan: Seperti disebutkan sebelumnya, saat ini tidak ada cara yang jelas bagi pengguna untuk melakukan root pada perangkat mereka dari mode perbaikan. Masalah kompatibilitas: Fitur perbaikan saat ini hanya tersedia untuk iPhone, bukan perangkat Apple lainnya seperti iPad. Ini bisa menjadi batasan bagi pengguna yang perlu mengirimkan beberapa perangkat untuk diperbaiki. Masih dalam pengembangan: Karena fitur perbaikan masih dalam pengembangan, fitur tambahan atau perubahan akan diperkenalkan pada pembaruan mendatang. Pengguna harus diberitahu tentang pembaruan atau perubahan apa pun pada mode operasi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *