Scroll untuk baca artikel
Bisnis

Arab Saudi Bakal Bangun Pembangkit Listrik Hijau di IKN

14
×

Arab Saudi Bakal Bangun Pembangkit Listrik Hijau di IKN

Sebarkan artikel ini

Detik Tegal, Otoritas Ibu Kota Nusantara (IKN) Jakarta bermitra dengan ACWA Power untuk mengembangkan pembangkit listrik ramah lingkungan di IKN.

ACWA Power adalah perusahaan Arab Saudi dengan pengalaman lebih dari 55 GW dalam pengembangan, konstruksi, dan pengoperasian fasilitas listrik, air, dan hidrogen ramah lingkungan yang ramah lingkungan di seluruh dunia.

Kerja sama ini disepakati melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara ACWA Power dengan PT Bina Karya (Persero), BUMN yang bergerak di bidang pengembangan real estate di IKN.

Direktur Utama PT Bina Karya (Persero) Boyke P Soebroto mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan investor asing yakni ACWA Power untuk mengembangkan pembangkit listrik ramah lingkungan di nusantara.

Boyke menyambut baik hal tersebut dan berharap kerjasama ini dapat segera dilanjutkan.

“Kami akan mengadakan pertemuan pada minggu depan untuk memastikan partisipasi ACWA Power Indonesia dalam pengembangan IKN segera,” ujarnya dalam keterangan resmi yang dirilis pengurus IKN, Selasa (30/04/2024).

Country Manager ACWA Power Indonesia Meftaur Rahman pun menyambut baik kerjasama ini. Ia berharap dapat terlibat di lebih banyak bidang dan dapat segera mewujudkan kontribusinya.

“Ini merupakan kerjasama strategis bagi PT ACWA Power Indonesia,” ujarnya.

Meftaur menjelaskan, kerja sama ini merupakan dukungan terhadap pengembangan jaringan produksi listrik ramah lingkungan. Termasuk jaringan transmisi, distribusi dan fasilitas pendukung lainnya di wilayah IKN, tutupnya.

Sebelumnya, Kepala Menteri Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan pihaknya tengah menyiapkan lahan di Ibu Kota Negara Republik Indonesia (IKN) untuk Sukanto Tanoto.

“Kalau Sukanto Tanoto, permintaan tanah mereka sedang saya tangani. Jadi nanti kita siapkan dulu lahannya, tapi mereka sudah meneruskan permintaan itu ke saya dan OIKN (kantor IKN),” kata Bahlil dalam konferensi pers di mana hasil investasinya. pertama kali disajikan. triwulan 2024, di kantor Kementerian BKPM, Senin (29-04-2024).

Bahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang dirinya dan Ketua OIKN Bambang Susantono untuk membahas persiapan lahan Sukanto Tanoto. Alhasil, kesuksesan investasi sang miliarder pun terlihat.

“Kemarin saya diundang oleh Presiden dan Ketua OIKN untuk membahas hal ini secara khusus, dan kalau ada yang mau puasa, bulannya sudah dekat, kalau ada yang mau puasa, lebih baik,” ujarnya.

Lebih lanjut, Bahlil mengatakan pembangunan beberapa proyek IKN hampir rampung, misalnya pembangunan hotel yang rencananya akan commissioning pada Juli dan Agustus.

Tak hanya hotel yang hampir selesai pembangunannya, gedung perkantoran, lapangan olah raga, dan fasilitas umum juga terus dibangun.

“Saat ini investasi PMDN sudah pada pengerjaan hotel-hotel yang dibangun PIK dan beberapa konsorsium, Juli-Agustus bisa menginap di sana, sudah dibangun beberapa perkantoran, sudah ada investasi lapangan olah raga, dan sudah dibangun fasilitas umum.” dia menyimpulkan.

Sebelumnya, Ibu Kota Negara Republik Indonesia (IKN) dikembangkan sebagai ibu kota kelas dunia dengan gagasan smart city. Pengembangan kota pintar harus dibarengi dengan pengenalan teknologi yang bertujuan untuk menyederhanakan operasional kota, layanan publik, dan kualitas hidup masyarakat.

Intelligent Transportation System (ITS) merupakan salah satu fungsi smart city yang sedang dikembangkan IKN.

“Salah satu bidang pelayanan publik yang akan ditampilkan di IKN adalah transportasi dan mobilitas cerdas yang akan mentransformasikan cara IKN bergerak,” kata Mohammed Ali Berawi, Wakil Kepala Transformasi Hijau dan Digital Otoritas IKN, dalam keterangan tertulisnya. pada hari Senin. (29-04-2024) .

Ali Berawi mengungkapkan IKN saat ini sedang melakukan proof of Concept (PoC) di bidang transportasi cerdas seperti ATMS, Autonomous Rail Rapid Transit (ART) dan AAM.

“Kami mengevaluasi teknologi yang diuji berdasarkan nilai interoperabilitas, keandalan, nilai uang, transfer teknologi, dan tingkat kematangan teknologi,” ujarnya.

Untuk mulai menguji sistem transportasi pintar, Otoritas IKN dan pemerintah akan bekerja sama dengan Dewan Pemerintahan Texas Utara (NCTCOG) dan Otoritas Jalan Tol Texas Utara (NTTA) sebagai bagian dari serangkaian misi perdagangan yang didanai oleh Perdagangan dan Perdagangan Amerika Serikat. Badan Pembangunan (USTDA).

NCTCOG adalah lembaga negara bagian yang melayani 16 kabupaten di wilayah Texas Utara. Ada lebih dari 230 anggota dewan kota di badan ini, yang dibentuk untuk merencanakan pembangunan daerah.

Direktur Transportasi NCTCOG Michael Morris mencatat pentingnya regulasi dan manajemen data dalam mengembangkan sistem transportasi cerdas di wilayah Texas Utara.

“Langkah penting yang harus dilakukan adalah memastikan ketahanan dan keberlanjutan teknologi yang digunakan, misalnya memastikan keselamatan publik dan pengelolaan data yang baik,” kata Michael.

PT Waskita Beton Precast Tbk memasok produk beton siap pakai ke beberapa ruas proyek jalan tol IKN yang menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) di Kalimantan Timur sepanjang bentangan 74 km.

“WSBP menyuplai produk siap pakai ke salah satu ruas tol yakni ruas SP Tempadung-Jembatan Pulau Balang dari pabrik di IKN,” kata Vice President Perusahaan Precast Waskita Beton Fandy Dewanto, Sabtu (27/04/2024).

Perusahaan memasok ready mix sebanyak 23.866 m3 yang terdiri dari beberapa tipe yaitu Fc 10, 20, 30, 35 dan 50. Ready mix ini dikirim dari batch plant WSBP Tempadung menggunakan Mixer Truck.

Waskita Beton Precast sendiri telah mendapat nilai kontrak baru sebesar Rp 41,48 miliar dengan proyek ini. Sejauh ini, progres penyerahan Proyek Tol IKN Ruas Jembatan Pulau SP Tempadung-Balang telah mencapai 63 persen.

“Target proyek ini delivery pada Juni 2024 sehingga bisa digunakan untuk mobilisasi masyarakat kota Balikpapan yang akan berangkat ke IKN,” lanjut Fandy.

FYI, total panjang tol yang dipasok produk WSBP adalah 40,67 km. Perseroan bertanggung jawab atas pengiriman dari Ruas Karangjoang-KKT Kariangau Seksi 3A-2, KKT Kariangau-SP Tempadung Seksi 3B-2 dan Ruas SP Tempadung-Jembatan Pulau Balang Seksi 5A ke Balang Seksi 5B. Bagian jembatan Saar-SP Riko.

“Dengan adanya tol ini, basis pengguna dapat melakukan mobilisasi barang dan jasa secara efektif sehingga seluruh aktivitas dapat berjalan lancar,” tutup Fandy.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *