Scroll untuk baca artikel
Teknologi

ASUS Siapkan ROG Ally Generasi Terbaru dengan Performa Lebih Gahar, Cek Bocorannya

12
×

ASUS Siapkan ROG Ally Generasi Terbaru dengan Performa Lebih Gahar, Cek Bocorannya

Sebarkan artikel ini

Detik Tegal, Jakarta – Asus dikabarkan akan meluncurkan ROG Ally generasi terbaru. Kehadiran perangkat yang diberi nama ROG Ally X itu diungkap oleh ROG Plus Broadcast bersama Jake Kolinski dan Whitson Gordon.

Mengutip informasi GSM Arena, Minggu (12/5/2024), ROG Ally X akan menawarkan lebih banyak fitur termasuk peningkatan performa dibandingkan generasi saat ini.

Namun perbaikan yang ditunjukkan mungkin tidak berbeda dengan kenyataannya. Karena perangkat ini akan mengantarkan produk terkini ke produk generasi berikutnya.

Oleh karena itu, ROG Ally X akan tetap menggunakan chip Ryzen Z1 dan mendukung layar VRR 120Hz. Meski demikian, Asus berjanji akan tetap memberikan banyak pembaruan.

Menurut laporan The Verge, VP Asus Sean Yen menyebutkan kapasitas baterai perangkat ini akan meningkat 30 hingga 40 persen dibandingkan model 2023.

Bahkan, klaim Sean, perangkat ini mampu bertahan dua kali lebih lama dalam kondisi terburuk dibandingkan pendahulunya.

Selain itu, penerus ROG Alliance ini juga menawarkan peningkatan memori dari sebelumnya 16GB. Slot M.2 2230 juga telah diganti dengan M.2 2280 yang lebih umum untuk memudahkan peningkatan.

Asus juga mencontohkan perbaikan port, termasuk mengubah lokasi slot microSD agar kartu tidak rusak karena panas. Perubahan menarik lainnya ada pada joystick yang mudah diubah.

Selain itu, soal desain, Asus disebut tidak banyak melakukan perubahan, dan pilihan warna yang tersedia hanya hitam. Rencananya ROG Ally X akan resmi diluncurkan pada 2 Juni 2024.

Besar kemungkinan produk Asus ROG ini akan menjadi andalan perusahaan di ajang Computex 2024, meski dibanderol lebih mahal dibandingkan versi 2023, Asus menjanjikan kedua model tersebut tetap dijual bersamaan.

FYI, pertengahan tahun lalu, Asus akhirnya resmi mulai menjual konsol handheld pertamanya, ROG Ally, di Indonesia.

Asus menyebutkan handset pertamanya akan mulai dijual serentak di toko ROG dan toko eksklusif Asus di Indonesia pada 15 Juli 2023.

“Antusiasme gamers Indonesia terhadap Asus ROG Ally sangat besar. Hal ini membuktikan bahwa ROG Ally merupakan pilihan yang tepat bagi para gamers di Indonesia,” ujar Jimmy Lin, Regional Manager, Asus Southeast Asia, pada acara peluncuran Asus ROG Ally di Jakarta. Jumat (14/7/2023).

Tercatat, perusahaan asal Taiwan tersebut baru menyediakan 1000 unit ROG alloy untuk dijual. 500 unit terjual dalam waktu kurang dari 24 jam setelah sesi pre-order Asus ROG Ally dibuka akhir bulan lalu.

“500 unit ROG Ally sudah terjual saat pre-order, sedangkan 500 unit lainnya siap didistribusikan di Indonesia pada 15 Juli,” kata Head of Public Relations Asus Indonesia, Muhammad Farman kepada tim Detik Tegal.

Pernyataan tersebut juga menambahkan, “Tim Asus saat ini sedang mempersiapkan ROG Ally batch berikutnya untuk dijual di toko retail lain. Mungkin dalam dua minggu ke depan.”

Lantas berapa harga ROG Ally di Indonesia? Asus membanderol perangkat gaming genggam ini dengan harga sekitar Rp 11.299.000 untuk model prosesor AMD Ryzen Z1 Extreme. Selain itu, AMD Ryzen versi baru nantinya akan dijual dengan perkiraan harga Rp 10.099.000.

Sedangkan untuk spesifikasi Asus ROG Ally, perangkat ini mengusung layar sentuh full HD 1080p berukuran 7 inci dengan kecepatan refresh 120Hz dan kecerahan terukur 500 nits.

Meski hadir dalam dua prosesor berbeda, kedua chip ini didasarkan pada arsitektur AMD Zen 4, yang mencakup prosesor 4nm dan grafis RDNA 3.

Asus memasangkan SoC ini dengan RAM LPDDR5 16 GB dan SSD PCIe 4.0 NVMe M.2 256 GB atau 512 GB.

Saat ditanya apakah kapasitas SSD perangkat bisa ditingkatkan, Technical PR Asus Indonesia Ryanando Otomo mengatakan, “Bisa.”

Ia menjelaskan, “Kapasitas SSD di ROG Ally saat ini bisa mendukung hingga 1TB, namun jika kedepannya ada perangkat 4TB, perangkat ini juga akan mendukungnya.”

Layaknya Nintendo Switch dan Steamdeck, perangkat Asus ini juga bisa disambungkan ke TV atau monitor melalui kabel USB-C ke HDMI.

Selain itu, pemain dapat menikmati game dengan lebih baik, nyaman, dan nyaman dari konsol rumahan seperti PS5 hingga Xbox Series S|X.

ROG Ally akan hadir dengan slot berpemilik, memungkinkan pengguna untuk menghubungkan salah satu GPU eksternal Asus XG Mobile.

Pengguna memiliki pilihan GPU GeForce RTX 4090 atau AMD Radeon RX 6850M XT.

GPU eksternal ini juga berfungsi sebagai stasiun dok, menyediakan port USB Tipe-A, pembaca kartu SD, konektivitas Ethernet, dan port HDMI 2.1.

Stasiun dok RTX 4090 dilengkapi port USB Type-C tambahan untuk konektivitas yang lebih baik. Untuk sistem pendinginnya, Asus menggunakan sistem pemanas khusus bernama Zero Gravity.

Sedangkan untuk softwarenya, ROG Ally melakukan booting ke Windows sehingga memungkinkan pengguna memainkan game dari berbagai platform seperti Steam, Epic Games Store, dan Xbox Game Pass.

Fitur lainnya adalah jack headphone 3,5 mm, pembaca kartu microSD UHS-II, antarmuka seluler ROG XG, dan port USB Type-C.

Konektivitas nirkabelnya juga mendukung Wi-Fi 6E dan Bluetooth 5.2, sedangkan audio dilengkapi dengan dua speaker stereo yang mendukung Dolby Atmos.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *