Scroll untuk baca artikel
Sains

Badai Matahari Akan Menabrak Bumi, Berdampak pada Teknologi dan infrastruktur

11
×

Badai Matahari Akan Menabrak Bumi, Berdampak pada Teknologi dan infrastruktur

Sebarkan artikel ini

London – Pada 11 Mei 2024, Pusat Prediksi Cuaca Luar Angkasa (SWPC) NOAA mengeluarkan peringatan geomagnetik G4, peringatan paling parah yang mungkin terjadi.

Seperti dilansir IFL Science, Minggu (12/5/2025), peringatan tersebut diberikan karena badai matahari kuat yang melanda Bumi. Badai ini menyebabkan aurora yang terlihat di sebagian wilayah Amerika Serikat dan Eropa.

Badai matahari adalah hal-hal dahsyat yang datang dari Matahari. CME ini dapat membawa miliaran partikel bermuatan ke luar angkasa, dan ketika bertabrakan dengan Bumi, mereka dapat menyebabkan gangguan besar terhadap teknologi dan infrastruktur kita.

Peringatan badai geomagnetik G4 terakhir dikeluarkan pada tahun 2005. Peristiwa tersebut menyebabkan pemadaman listrik besar-besaran, dan juga menyebabkan kegagalan banyak satelit.

Badai matahari yang terjadi saat ini diperkirakan tidak akan menyebabkan tingkat gangguan yang sama. Meski demikian, SWPC mengingatkan masih ada kemungkinan timbulnya beberapa masalah, seperti gangguan pada komunikasi pesawat dan radio.

Badai matahari adalah pengingat akan kekuatan matahari, dan penting untuk bersiap menghadapi potensi dampaknya. SWPC terus memantau matahari dan akan mengeluarkan peringatan jika diperlukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *