Scroll untuk baca artikel
Edukasi

Berapa Lama Hari Kiamat akan Berlangsung? Ini Penjelasannya

8
×

Berapa Lama Hari Kiamat akan Berlangsung? Ini Penjelasannya

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Kehidupan duniawi berakhir setelah tibanya Hari Kiamat. Menurut sebuah hadis, hari ini akan berlangsung selama 50 ribu tahun.

Hari Kiamat adalah hari yang pasti akan terjadi. Sebagaimana janji Allah SWT dalam surat Al Hajj ayat 7.

Artinya: “Sesungguhnya kiamat pasti akan datang, tidak diragukan lagi, dan sesungguhnya Allah akan membangkitkan kembali siapa pun yang ada di dalam kubur.”

Tidak ada yang mengetahui secara pasti kapan hari itu akan terjadi. Namun Allah SWT memberikan sejumlah tanda datangnya hari kiamat melalui kekasihnya, Rasulullah SAW.

Disebutkan dalam kitab An-Nihayah fi al-Fitan wa al-Malahim karya Imam Ibnu Katsir, menurut hadits Abu Syuraihah Hudzaifah bin Usaid, kiamat tidak akan terjadi hingga muncul 10 tanda kiamat. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW,

“Tidak akan terjadi kiamat sampai kamu melihat sepuluh tanda: (1) terbitnya matahari dari barat, (2) asap, (3) binatang melata, (4) munculnya Yajuj dan Majuj, (5) kemunculan Dajjal, (6) kemunculan Isa bin Maryam, (7) tiga kali gerhana dimanapun kamu berada.” (HR Muslim, Ahmad dan lain-lain. Ibnu Katsir mengatakan hadits ini shahih) Hari Kiamat berlangsung 50 ribu tahun

Dalam Kitab Ihya’ Ulumuddin dikatakan oleh Imam al-Ghazali bahwa Hari Kiamat akan berlangsung selama 50 ribu tahun.

Hal ini juga dijelaskan oleh Imam Syamsuddin Al-Qurthubi dalam Kitab At-Tadzkirah, berdasarkan hadits riwayat Abu Sa’id Al-Khudri, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Pada hari yang berlangsung lima puluh ribu bertahun-tahun. “

Abu Sa’id berkata, “Berapa lama waktu yang dibutuhkan.”

Maka Nabi SAW bersabda: “Demi Allah yang memelihara ruhku, sesungguhnya orang mukmin akan diberi pencerahan sehingga harinya dimudahkan (dipersingkat) baginya dibandingkan shalat wajib yang ia kerjakan di dunia.” Dalam Sahih Al-Jami’ disebutkan secara editorial: “Hari kiamat bagi orang-orang mukmin hanyalah penjumlahan siang dan Asar.”

Hadits tentang lamanya hari kiamat ini juga terdapat dalam Kitab Shahih Zakat Muslim dan juga terdapat dalam kitab At-Tadzhib fi Adillati Matnil Ghaya wa Taqrib karya Mustofa Daib Al-Bigha Al-Maidani Al-Dimasyqi Al-Syafi ” SAYA.

Dari Abu Hurairah RA beliau berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Tidak ada seorang pun pemilik emas atau perak yang tidak menunaikan zakatnya, melainkan pada hari kiamat nanti akan dibuatkan baginya besi yang menyala-nyala, yang akan dipanaskan di neraka Jahannam lalu dibelai pada lambung, dahi, dan pada bagian atasnya. dahi. kembali.

Setiap kali setrika mulai mendingin, ia dipanaskan kembali untuk disetrika kembali, dimana satu hari kiamat sama dengan 50.000 tahun dibandingkan dengan satu hari di dunia. Sampai dia mengambil keputusan di hadapan manusia, maka jalan menuju surga atau neraka akan terlihat.

Lalu Rasulullah ditanya, “Ya Rasulullah, bagaimana dengan unta?”

Beliau bersabda: “Tidak ada seorangpun pemilik unta yang enggan membayarkan hak (zakat) dari untanya, termasuk secukupnya untuk makan dan minum ketika diperah, melainkan pada hari kiamat nanti akan dibaringkan di sebuah flat. tempat yang tidak ada seekor unta pun yang tertinggal untuk menginjak-injak manusia dengan cakarnya dan menggigit manusia dengan giginya.

Setiap kali seekor unta berakhir, unta lainnya akan melanjutkan perjalanannya. Lamanya satu hari pada waktu itu sama dengan 50.000 tahun dibandingkan satu hari di bumi, sampai orang tersebut diadili atau diadili di hadapan manusia dan kemudian ditunjukkan jalannya, mungkin ke surga atau ke neraka.’

Kemudian dia ditanya lagi: “Ya Rasulullah! Bagaimana dengan sapi dan kambing?

Beliau bersabda: “Tidak ada pemilik sapi dan kambing yang tidak membayar zakatnya, namun pada hari kiamat dia akan dibaringkan di tempat datar, kemudian diserang oleh sekelompok sapi dan kambing tanpa meninggalkan satu pun. .

Sapi dan kambing yang menyerangnya tidak ada yang tanduknya bengkok ke belakang, tidak ada yang bertanduk dan tidak ada yang tanduknya patah, mereka semua meremukkan pemiliknya dengan tanduknya dan menginjak-injaknya dengan kukunya.

Setiap berakhirnya satu, akan dilanjutkan dengan berakhir lainnya, lamanya hari pada waktu itu sama dengan 50.000 tahun lamanya dunia, sampai orang tersebut diadili atau diadili di hadapan manusia dan kemudian diperlihatkan jalannya. (mungkin di surga atau neraka).’ dan seterusnya sampai akhir hadits.” Kiamat masih jauh selama 3 hewan ini masih ada, kata Gus Baha melalui YouTube Santri Gayeng, KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha mengatakan, kiamat tidak akan terjadi selama 3 hewan ini masih ada. permukaan bumi detiktegal.co .id 6 Mei 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *