Scroll untuk baca artikel
Bisnis

Buton Punya Harta Karun Minyak Capai 5 Miliar Barel

8
×

Buton Punya Harta Karun Minyak Capai 5 Miliar Barel

Sebarkan artikel ini

Detik Tegal, Jakarta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mendesak Pertamina segera mengembangkan potensi minyak di lepas pantai Buton, Sulawesi Tenggara.

Pasalnya, berdasarkan survei geoseismik yang dilakukan pada 2019-2020, Bouton memiliki potensi cadangan minyak hingga 5 miliar barel. Arifin mengatakan, minimal harus dimanfaatkan 20 persen dari total potensi tersebut. Makanya kita dorong Pertamina untuk segera mengembangkan Buton, minyak itu heavy oil, tapi volumenya besar, potensinya bisa 5 miliar barel, kata Menteri ESDM. Kementerian Minyak dan Gas Bumi, Energi dan Sumber Daya Mineral, Jakarta, Jumat (19/04/2024).

“Tapi kalau 20 persennya saja, itu 1 miliar barel. Nanti kita akselerasi,” sambungnya.

Selain Buton, lanjut Arifin, terdapat juga cadangan minyak yang besar di beberapa daerah lain. Akselerasinya dikendalikan oleh potensi minyak di blok Cepu.

“Kita tuntut dari kementerian, kita perlu kebut minyak Clastic untuk Cepu. Pengeboran Clastic masih terus berjalan, kalau tidak salah ada dua sumur yang mau dibor bulan ini. Potensi untuk penelitian seismik sangat besar. ,” dia berkata.

Kementerian ESDM juga berupaya menggenjot pengembangan potensi minyak dan gas inkonvensional (UNG) di blok Rokan yang terhenti akibat banjir.

“Terus yang kita kerjakan normal-normal saja, yang di Rokan Dalam cukup. Iya, air masuk ke sasaran dua sumur kemarin. Jadi kemarin ada banjir, jadi ada di sana. Tutup dulu,” dia . dikatakan.

Harga minyak global menguat pada perdagangan Asia pada Jumat (19 April 2024). Hal ini terjadi setelah Israel kembali menyerang Iran sehingga meningkatkan ancaman perang di Timur Tengah.

Mengutip CNBC, Jumat pekan ini, seorang pejabat Amerika Serikat (AS) mengonfirmasi kepada NBC News bahwa Israel sedang melakukan operasi di Iran. Israel telah melancarkan serangan militer terbatas terhadap Iran. “Kami saat ini sedang menilai efektivitas serangan dan kerusakan yang ditimbulkan,” kata sumber tersebut kepada NBC News.

Harga minyak dasar telah meningkat. Minyak mentah Brent naik 1,73 persen menjadi $88,62 per barel. Sementara itu, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) naik 1,75 persen menjadi $84,1 per barel.

Brankas juga tumbuh. Harga emas di pasar spot adalah $2,411.09 per ounce. Sedangkan yen menguat 0,45 persen menjadi $153,93.

Kantor berita Fars Iran melaporkan bahwa ledakan terdengar di dekat Bandara Isfahan di Iran. Selain itu, penerbangan ke bandara Teheran, Isfahan dan Shiraz ditangguhkan.

Situs pelacakan penerbangan Flight Radar 24 menunjukkan beberapa penerbangan dialihkan melalui wilayah udara Iran pada Jumat pagi, 19 April 2024.

Israel berjanji pada Minggu, 14 April 2024, bahwa mereka akan memberi pengarahan kepada Iran mengenai serangan udara besar-besaran terhadap Israel pada akhir pekan.

Iran melancarkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel, meluncurkan lebih dari 300 rudal dan drone. “Dengan serangan terbuka Israel terhadap Iran hari ini sebagai pembalasan atas serangan Iran minggu lalu, kita sekarang menghadapi perang panas antar negara,” kata Clay Seigle, direktur energi Rapidan.

“Bab perang bayangan sudah berakhir,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *