Scroll untuk baca artikel
Teknologi

Cara Sembunyikan Foto dan Video Rahasia di HP Android atau iPhone, Gampang Banget!

16
×

Cara Sembunyikan Foto dan Video Rahasia di HP Android atau iPhone, Gampang Banget!

Sebarkan artikel ini

Detik Tegal, Jakarta – Berbagi kenangan dan hal menarik bersama kolega, atasan, dan keluarga melalui foto dan video memang menyenangkan.

Namun sebagian dari kita mungkin memilih untuk menyembunyikannya karena foto dan video tersebut bersifat pribadi atau Anda ingin menyimpannya untuk diri sendiri.

Ada beberapa cara untuk menyembunyikan foto dan video. Cara ini bisa dilakukan di smartphone apa pun yang Anda gunakan, baik itu ponsel Android budget hingga smartphone premium seperti iPhone dan Samsung Galaxy S.

Di sini Tekno Detik Tegal akan memberikan kamu kemampuan untuk menyembunyikan foto dan video di smartphone kamu agar foto-foto rahasia tersebut tetap aman.

Cara Menyembunyikan Foto di Ponsel Android Menggunakan Google Foto

Google Foto adalah aplikasi galeri yang paling banyak digunakan di ponsel pintar Android.

Selain menawarkan banyak fitur seperti mencari foto, berbagi foto, dan mengedit, kutipan dari Android Police, Senin (4/3/2024), aplikasi ini juga memiliki folder terkunci bawaan tempat Anda dapat menyembunyikan foto dan video secara pribadi.

Cara menyembunyikan foto dan video dengan Google Foto. Konfigurasikan folder yang terkunci. buka aplikasi Google Foto di menu bawah Perpustakaan Pilih menu Utilitas dan pilih menu Kelola Folder Terkunci Gulir ke bawah dan temukan tombol Folder Terkunci Atur kategori Perpustakaan Anda:

Sekarang Anda telah membuat folder terkunci, sehingga Anda dapat menyembunyikan foto-foto rahasia di folder tersebut.

Ada dua cara untuk menambahkan foto dan video ke folder terkunci. Anda dapat menambahkan beberapa foto dan video dari perpustakaan media Anda sekaligus, atau Anda dapat menambahkan satu foto dalam satu waktu. Buka Google Foto dan buka tab Foto. Klik dan tahan gambar dan pilih media yang ingin Anda sembunyikan. Klik tombol tiga titik di pojok kanan atas. Pilih Pindahkan ke folder terkunci dan konfirmasikan pilihan Anda dari menu drop-down. Cara menyembunyikan foto dan video di Google Foto.

Jika Anda hanya menambahkan foto atau video, klik file media, geser ke atas untuk memeriksa detail selengkapnya, dan pilih opsi “Pindahkan ke Folder Terkunci” untuk menyembunyikannya. Akses foto dan video tersembunyi di folder terkunci

Foto dan video pribadi disembunyikan di folder Terkunci. Jika Anda ingin mengetahui cara mengaksesnya, Anda dapat memulihkan foto dan video yang selama ini disembunyikan di menu “Tools” Google Foto. Buka aplikasi Google Foto dan buka menu perpustakaan. Buka menu Alat di Google Foto. Temukan folder yang terkunci di bawah menu Atur Perpustakaan Anda. Buka folder dengan mengautentikasi dengan sidik jari atau PIN.

Sekarang Anda dapat mengakses foto dan video yang disembunyikan.

Google Files adalah salah satu aplikasi pengelola file default selain pengelola file pihak ketiga.

Seperti Google Foto, File memiliki fitur folder aman untuk menyimpan file media dan dokumen pribadi.

Jika Anda ingin menggunakan Google Files untuk menyembunyikan foto dan video, ikuti langkah-langkah berikut: Buka aplikasi Google Files di ponsel Android Anda. Pilih Folder Aman. Anda dapat menggunakan PIN empat digit atau pola untuk mengamankannya. Ikuti petunjuk di layar untuk mengaturnya. Kembali ke layar utama File Google. Buka gambar, video, atau dokumen. Tekan lama file media yang ingin Anda sembunyikan dan ketuk menu tiga titik di sudut kanan atas. Pilih Pindahkan ke Folder Aman

Folder telah disembunyikan di Folder Aman. Cara Menyembunyikan Foto di Smartphone Samsung Galaxy

Ponsel Samsung Galaxy terbaru, termasuk Galaxy S24, S24+, dan S24 Ultra, dilengkapi Samsung Knox dan memiliki Folder Aman yang terpasang di One UI.

Cara menyembunyikan foto dan video di smartphone Samsung. geser ke bawah dari atas dan buka pusat notifikasi. Geser ke bawah lagi dan perluas menu Tautan Cepat. Aktifkan Folder Aman dan temukan di daftar laci aplikasi. Jika Folder Aman tidak ada dalam Konversi Cepat, ketuk menu tiga titik di bagian atas. Pilih tombol Edit dan seret ikon Folder Aman (dari menu saran) ke menu Tautan Cepat. Siapkan Folder Aman dengan PIN empat digit. Tutup folder aman dan buka aplikasi Galeri di ponsel Samsung.

Anda sekarang dapat menambahkan media yang ingin Anda pindahkan ke folder aman. Cari aplikasi Galeri di layar beranda atau di laci aplikasi (aplikasi Galeri Samsung menggunakan ikon bunga). Pilih beberapa gambar dan ketuk Lainnya di bagian bawah. Pilih Pindah ke Folder Aman dan foto Anda akan hilang dari aplikasi Galeri. Untuk mengakses media tersembunyi, buka Folder Aman dari daftar laci aplikasi, autentikasi dengan PIN yang Anda buat sebelumnya, dan pilih aplikasi Galeri. Menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menyembunyikan foto di Android

Google Play Store memiliki sejumlah aplikasi galeri pihak ketiga untuk menyembunyikan foto dan video. Namun, Anda harus berhati-hati dengan aplikasi yang sumbernya tidak jelas.

Memilih aplikasi yang tidak tepercaya dapat membahayakan data dan dokumen pribadi. Berikut adalah aplikasi galeri pihak ketiga terbaik, seperti dikutip dari Android Police.

1. Kenaikan

Vaulty adalah aplikasi untuk menyembunyikan file media rahasia di Android. Aplikasi ini berperingkat tinggi di Play Store.

Anda dapat menggunakan kode PIN atau metode biometrik untuk melindungi foto. Anda juga dapat membuat beberapa folder file untuk perlindungan ekstra.

Vaulty memiliki fitur unik, aplikasi ini bisa disamarkan sebagai kalkulator. Vaulty juga dapat mengambil gambar seseorang yang mencoba mengakses file pribadi Anda.

2. KunciPixSaya

Tidak seperti aplikasi pihak ketiga lainnya, LockMyPix mengenkripsi foto dan video pribadi Anda.

LockMyPix dapat disamarkan sebagai kalkulator atau aplikasi radio.

3. Gudang galeri

Gallery Vault adalah aplikasi populer untuk menyembunyikan media pribadi di Android.

Gallery Vault mengenkripsi foto dan video dan mendukung penyembunyian ikon aplikasi dari layar beranda.

Jika seseorang memaksa Anda memasukkan kata sandi untuk memeriksa file media tersembunyi, masukkan kode palsu dan Gallery Vault akan menampilkan konten palsu untuk mengelabui orang tersebut.

Seperti perangkat Android, aplikasi Foto di iPhone dan iPad memiliki fitur yang dapat menyembunyikan file media pribadi di album tersembunyi tanpa harus mengunduh aplikasi pihak ketiga.

Cara menyembunyikan foto dan video di iPhone. Buka aplikasi Foto di iPhone. Ketuk tombol Pilih di sudut atas dan pilih foto dan video yang ingin Anda sembunyikan. Klik tombol Bagikan di sudut kiri bawah dan pilih Sembunyikan.

Cara mengakses foto tersembunyi di iPhone Buka aplikasi Pengaturan di iPhone. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi Foto. Aktifkan fitur Album Tersembunyi. Buka aplikasi Foto dan buka menu Album. Gulir ke bagian Alat dan buka album tersembunyi untuk membuka file tersembunyi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *