Scroll untuk baca artikel
Olahraga

David Raya Amankan Sarung Tangan Emas Liga Primer Inggris Musim Ini

11
×

David Raya Amankan Sarung Tangan Emas Liga Primer Inggris Musim Ini

Sebarkan artikel ini

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kiper Arsenal David Raja berhasil meraih Sarung Tangan Emas Liga Inggris musim 2023/2024. Hal itu terjadi setelah Luton mencetak gol ke gawang Everton yang diselamatkan Jordan Pickford, dalam hasil imbang 1-1, Sabtu (5/4/2024).

Raja telah mencatatkan 14 clean sheet dalam 29 pertandingan liga musim ini. Dia bergabung dengan The Gunners dengan status pinjaman dari Brentford musim panas lalu.

Sebelum laga melawan Everton, Pickford menjadi satu-satunya penjaga gawang yang mampu menyalip Raya di tabel Sarung Tangan Emas. Namun harapan Pickford untuk meraih penghargaan individu berakhir ketika Elijah Adebayo menyamakan kedudukan untuk Luton pada menit ke-31 saat timnya bermain imbang 1-1, seperti dilansir BBC.

Kiper Everton dan Inggris itu masih tertinggal dua clean sheet dari Raja dengan dua pertandingan tersisa. Hasil terbaiknya hanya bisa disamai oleh pemain asal Spanyol itu.

Banyak yang terkejut ketika Raja menandatangani kontrak pinjaman selama satu musim dari Brentford pada bulan Agustus dengan opsi untuk menjadikan kepindahan itu permanen. Pasalnya The Gunners sudah memiliki kiper reguler Aaron Ramsdale yang musim lalu memainkan 38 pertandingan Arsenal dan mencatatkan 14 clean sheet. 

Sehari setelah penandatanganan, jajak pendapat pembaca BBC Sports menunjukkan 63 persen bahwa Ramsdale harus mempertahankan posisinya melawan Raja.

Raja mengawali musim dengan buruk, mencapai titik terendahnya setelah melakukan dua kesalahan dalam kemenangan 4-3 Arsenal atas Luton pada bulan Desember. Namun ia menjadi pahlawan bagi timnya pada bulan Maret ketika ia menyelamatkan dua penalti saat Arsenal mengalahkan Porto dalam adu penalti untuk mencapai perempat final Liga Champions.

Phil McNulty dari BBC Sport bahkan mengatakan penampilannya malam itu menyelesaikan perdebatan mengenai statusnya sebagai penjaga gawang pilihan pertama Arsenal. Sejak masuk ke tim Arsenal pada bulan September, Raja hanya melewatkan dua pertandingan liga musim ini ketika dia tidak bisa bermain untuk pertandingan melawan klub induknya Brentford.

Sedangkan Ramsdale bermain di kedua pertandingan tersebut, dengan Arsenal memenangkan leg pertama 1-0 dan leg kedua 2-1.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *