Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Dokter Ungkap Alasan Orang Sulit Untuk Berhenti Merokok, Ada Kaitannya dengan Psikologis?

6
×

Dokter Ungkap Alasan Orang Sulit Untuk Berhenti Merokok, Ada Kaitannya dengan Psikologis?

Sebarkan artikel ini

Suara.com – Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Sp. Ikatan Pascasarjana FKUI 2023, Kelompok Staf Kesehatan Jiwa (KSM), Fitri Dona Nainggolan menjelaskan permasalahan berhenti merokok disebabkan oleh adanya perubahan pada tubuh dan pikiran seseorang.

Mengapa berhenti merokok itu sulit? Karena orang yang pertama kali berhenti merokok merasa nyaman, rileks dari merokok, ketika tidak merokok, ia mulai merasakan ketidaknyamanan pada tubuhnya, seolah-olah ada ketegangan, perasaannya menjadi sensitif dan cepat. sampai marah,” katanya. Don online, Senin.

Oleh karena itu, minggu keempat biasanya merupakan saat banyak orang yang mencoba berhenti merokok kembali ke kebiasaan merokoknya.

Dona menjelaskan, berdasarkan penelitian, 75 persen orang yang mencoba berhenti merokok mengalami kekambuhan dalam minggu keempat.

“Saat masyarakat berhenti merokok, tantangannya sangat besar, tidak hanya bagi mereka, tapi juga bagi lingkungan. Berdasarkan penelitian, 75 persen orang yang berhenti bekerja kambuh pada minggu keempat,” ujarnya. Gambar merokok. ( unsplash .com/@ricardo4to)

Dona menambahkan, keinginan untuk merokok dapat mengalihkan perhatian dari aktivitas positif seperti mengonsumsi makanan sehat, berolahraga, atau menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman. Jika Anda kesulitan berhenti merokok, disarankan agar Anda berkonsultasi dengan psikolog spesialis kecanduan.

Kebiasaan merokok dapat dipicu oleh faktor internal, seperti kebiasaan merokok saat bosan atau dalam situasi tertentu, serta faktor lingkungan, misalnya teman yang merokok. Agar berhasil berhenti merokok, penting untuk mengidentifikasi pemicunya dan menetapkan tujuan yang jelas.

Memahami penyebab merokok akan memudahkan kita mengatasi hambatan dan berhasil berhenti merokok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *