Scroll untuk baca artikel
Otomotif

Dokumen di Mobil Baru Ini Kerap Disepelekan, Padahal Penting

6
×

Dokumen di Mobil Baru Ini Kerap Disepelekan, Padahal Penting

Sebarkan artikel ini

JAKARTA, 5 Maret 2024 – Bagi Anda yang baru membeli mobil baru, ada beberapa dokumen dari penjual. Salah satunya adalah faktor kendaraan bermotor.

Menurut detiktegal Otomotif dari Wuling Indonesia, invoice ini merupakan bukti pembelian resmi yang memiliki beberapa fungsi penting, antara lain:

1. Bukti kepemilikan sah

Faktur tersebut merupakan bukti sah bahwa Anda adalah pemilik sah kendaraan tersebut. Hal ini penting untuk menghindari potensi penipuan atau perselisihan kepemilikan di kemudian hari.

2. Persyaratan registrasi BPKB dan STNK

Faktur merupakan salah satu dokumen yang dibutuhkan dalam proses BPKB (Kepemilikan Kendaraan Bermotor) dan STNK (Surat Tanda Daftar Kendaraan). Anda tidak dapat mendaftarkan kendaraan Anda di Samsat tanpa invoice.

3. Dasar penghitungan pajak mobil

Nilai invoice tersebut digunakan untuk menghitung pajak tahunan kendaraan bermotor (PKB).

4. Mempermudah proses jual beli kendaraan

Jika Anda ingin menjual mobil Anda, invoice merupakan salah satu dokumen yang dibutuhkan calon pembeli untuk memastikan keabsahan mobil tersebut.

5. Bukti klaim asuransi

Jika Anda memiliki asuransi mobil, invoice mungkin bisa menjadi salah satu dokumen yang Anda perlukan untuk memproses klaim jika terjadi kerusakan atau kehilangan.

Oleh karena itu, penting untuk menyimpan tagihan kendaraan bermotor dengan baik di tempat yang aman. Jangan sampai invoice hilang atau rusak karena akan mempersulit penanganan berbagai kebutuhan kendaraan. Recall 420 unit Chery Omoda 5 di Indonesia setelah kerusakan gandar di Malaysia PT Chery Sales Indonesia (CSI) resmi mengumumkan kampanye recall atau penarikan kembali model Chery Omoda 5. detiktegal.co.id 13 Mei 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *