Scroll untuk baca artikel
Sains

Hewan Mungil Ini Ternyata Nenek Moyang Sapi, Babi, dan Rusa

11
×

Hewan Mungil Ini Ternyata Nenek Moyang Sapi, Babi, dan Rusa

Sebarkan artikel ini

LIMA – Militocodon lydae merupakan spesies mamalia baru yang baru ditemukan. Hewan yang diperkirakan berukuran tikus dan beratnya mencapai 455 gram ini diyakini sebagai nenek moyang semua hewan berkuku modern.

Hewan ini hidup sekitar 65 juta tahun lalu, tak lama setelah dinosaurus punah. Fosil tersebut merupakan pecahan tengkorak dan rahang yang ditemukan di Coral Bluffs, Colorado.

Penemuan Militocodon lydae mengisi kesenjangan penting dalam pengetahuan kita tentang keluarga mamalia awal Periptychidae, yang berevolusi setelah kepunahan dinosaurus.

“Penemuan, identifikasi yang cermat, dan perbandingan sebagian tengkorak M. lydae merupakan langkah penting menuju mengungkap sejarah evolusi kompleks mamalia peripticid,” ahli paleontologi Lucas Weaver dari Kent State University di Ohio dan rekannya menulis dalam makalah mereka.

Kunci dari penelitian ini adalah bukti bahwa gigi hewan tersebut digunakan untuk memotong dan menghancurkan, bukan untuk menggiling. Hal ini menunjukkan bahwa M. lydae adalah nenek moyang sapi, babi, dan rusa modern.

Dalam delapan tahun terakhir, para peneliti hanya menemukan sedikit fosil M. lydae; Oleh karena itu, masih diperlukan eksplorasi dan penelitian lebih lanjut untuk memastikan bahwa hewan ini memang merupakan nenek moyang hewan berkuku modern.

“Penemuan dan studi lebih lanjut terhadap ungulata Paleosen awal akan mengungkap lebih banyak spesimen yang tidak sesuai dengan kelompok taksonomi yang ada, memaksa kita untuk menghadapi sejarah evolusi yang rumit oleh tingkat dan transisi evolusi,” tulis para ilmuwan, seperti dilaporkan dalam jurnal Science. Alarm.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *