Scroll untuk baca artikel
Sains

Hujan Meteor Terindah 2024 Terjadi Akhir April hingga Awal Mei

8
×

Hujan Meteor Terindah 2024 Terjadi Akhir April hingga Awal Mei

Sebarkan artikel ini

JAKARTA – Hujan meteor Eta Aquariids akan menjadi salah satu hujan meteor terindah di tahun 2024. Pertunjukan langit ini diperkirakan terjadi antara 15 April hingga 27 Mei dengan puncaknya biasanya terjadi pada malam 4-5 Mei.

Eta Aquariids merupakan salah satu dari tiga hujan meteor yang akan terjadi pada tahun 2024 dan akan mencapai puncaknya saat cahaya bulan di langit malam sangat sedikit sehingga lebih mudah untuk dilihat.

Forbes melaporkan pada Rabu (17/4/2024) jumlah maksimal bintang jatuh per jam adalah 50 meteor. Sementara itu, Asosiasi Meteor Amerika memperkirakan kecepatan 10 hingga 30 kaki per jam pada malam puncak.

Meteor atau meteor adalah bongkahan kecil batuan atau debu yang terbakar ketika memasuki atmosfer bumi. Hujan meteor terjadi ketika Bumi melewati jalur komet atau asteroid berdebu.

Belahan bumi selatan khatulistiwa cenderung melihat cahaya bintang karena lebih tinggi dan akan terlihat paling jelas pada tengah malam saat konstelasi Aquarius berada pada titik tertinggi di langit.

Eta Aquariids dikatakan terbaik tahun ini karena puncak malamnya terjadi saat bulan terbenam. Aquarius Ata akan terjadi beberapa malam sebelum bulan baru. Pada malam puncak, bulan hanya akan tampak seperti bulan sabit dengan kecerahan sekitar 14 persen karena terbit beberapa jam sebelum matahari terbit, sehingga pengamatan tidak akan banyak terganggu. KTT Hatta Aquaride tahun lalu kurang berkesan karena terhalang bulan purnama.

Anda tidak memerlukan peralatan khusus untuk menonton bintang jatuh. Namun, sebaiknya dilihat dari tempat dengan pencahayaan minim. Langit paling cerah saat tidak ada awan dan tempat terbaik biasanya di pedesaan. Sebelum menyaksikan bintang jatuh, penting untuk menyesuaikan penglihatan Anda dengan kegelapan, selama ini jangan menggunakan ponsel karena Anda akan terganggu oleh perbedaan kecerahan.

MG/Maulana Kusumadewa Iskandar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *